Home / BANGKA BELITUNG / Wakil Bupati Belitung Kunjungi SPAM Sungai Padang, Persiapan Percepatan Launching

Wakil Bupati Belitung Kunjungi SPAM Sungai Padang, Persiapan Percepatan Launching

Oleh: Andini Dwi Hasanah

SIJUK, LASPELA- Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie mengunjungi dan melihat secara langsung Pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) kawasan Rawan Air Desa Sungai Padang, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Kamis,(19/09/2019).

Pembangunan tersebut sebenarnya sudah selesai sejak tahun 2017 lalu, namun hingga kini SPAM ini belum beroperasi secara maksimal. Pembangunan SPAM tersebut menggunakan biaya APBN.

“Ini bagian dari satu dari 16 program inovatif saya dan pak Sanem yang sudah di cover dalam RPJMD yang namanya ‘pukat’ program air bersih untuk masyarakat, ini kan belum di launching program ini, harusnya kita launching 2020” ujar Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie

Tetapi menurutnya, ketika musim kemarau yang sekarang sudah berjalan cukup lama dan masyarakat sudah sangat membutuhkan sumber air yang baru, maka kedatangannya ke SPAM Desa Sungai Padang tersebut salah satunya untuk bisa mempersiapkan percepatan launching nantinya.

“Kita punya SPAM yang belum diaktifkan, dan saya sudah melihat masalahnya dimana ternyata sumber air baku kita mengering, nah tapi tadi sudah ada solusi kita memompa sumber baku air lain kedalam sumber baku air yang itu,” jelasnya.

Selanjutnya ia mengatakan, salah satu cara mempercepat program air bersih untuk masyarakat (Pukat) tesebut dengan distribusinya melalui rumah ibadah, dan memasangkan keran di setiap rumah ketua RT.

“Kita akan minta ijin kepada pengurus masjid bersediakah mereka dipasangkan keran dari SPAM tadi, dan yang kedua kita pasangkan keran di setiap rumah ketua RT, nanti kita pasangkan papan nama program pukat, silahkan ambil air secukupnya dan sewajarnya, dan gratis” tutur Isyak.

Kata Isyak dengan demikian masyarakat dengan komunitas masing-masing sudah punya salah satu solusi untuk mendapatkan sumber air.

“Nah nanti saya akan cek lagi SPAM mana di Belitung yang sudah di bangun terus mengalami kondisi yang sama, nah nanti kita akan lakukan hal yang sama juga, dan tahun depan kami akan minta PUPR untuk memasangkan ke 200 rumah,” ucapnya.

Sekarang baru 80 rumah yang terpasang atau yang tersambung dengan SPAM, Isyak ingin kan 120 sisanya akan segera terpasang, dan ia berharap agar pertengan oktober ini akan segera di launching. (din)

About wahyulaspela

x
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish