Home / BANGKA BELITUNG / Museum Tanjungpandan Akan Menggelar Lomba Baca Puisi

Museum Tanjungpandan Akan Menggelar Lomba Baca Puisi

Oleh: Andini Dwi Hasanah

TANJUNGPANDAN, LASPELA– Setelah menggelar lomba menulis essai tingkat SMK/MK sederajat di kabupaten Belitung, Musuem Tanjungpandan akan segera menggelar Lomba membaca Puisi Tingkat SMP sederajak se Kabupaten Belitung.

“Lomba menulis essai tingkat SMA dan SMK sekarang sudah tahap penjurian, masih menunggu hasil pemenang dari juri,” Kata Kepala UPTD Musium, Julias Suryanto, Jum’at (20/09/2019)

Adapun pemenang nanti akan diberikan uang pembinaan dan piagam, dari juara 1 hingga harapan IV. Lomba menulis essai diikuti semua sekolah SMA dan SMK se kabupaten Belitung dengan tema tulisan aku cinta museum yang berjumlah 26 peserta.

“Juara 1 nanti dapat uang 3,5 juta, juara 2 dapat 3 juta,juara 3 dapat 2,5 juta, dan harapan 1 dapat 2 juta, harapan 2 dapat 1,5 juta, harapan 3 dapat 1 juta sampai harapan 4 nanti dapat 500 ribu,” jelasnya.

Kemudian Julias mengatakan pihaknya juga akan segera menggelar Lomba baca puisi tingkat SMP se kabupaten Belitung tanggal 17 oktober di kawasan
Museum UPTD Tanjungpandan Belitung.

“Kegiatannya Pagi sampai siang hari, dan hadiahpun sama seperti yang akan didapat pemenang menulis essai,” bebernya.

Adapun syaratnya, peserta diwajibkan membawa 1 puisi wajib dan 1 puisi pilihan, semua puisi telah disediakan oleh panitia, yaitu puisi wajib berjudul “Musuem Perjuangan” karya Kuntowijoyo dan puisi pilihan yaitu ” Krawang-Bekasi” karya Chairil Anwar, ” Pahlawan Tak Dikenal” karya Toto Sudarto Bahtiar dan ” Dibalik Seruan Pahlawan” karya Zahara Aurora.

“Harapan setiap sekolah mengikuti semua, maksimal 2 siswa setiap sekolah,” jelasnya.

Julias berharap dengan digelar kegiatan seperti ini bisa menumbuh kembangkan rasa cinta siswa-siswi di kabupaten Belitung terhadap museum tersebut

“Agar siswa mencintai museum dan mengatahui sejarah, baik dari pahlawan maupun museumnya,” terangnya. (din)

About wahyulaspela

x
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish