Home / BANGKA BELITUNG / Lada Dan Gula Aren Belitung Jadi Komoditas Ekspor Yang Sangat Menggiurkan

Lada Dan Gula Aren Belitung Jadi Komoditas Ekspor Yang Sangat Menggiurkan

Oleh: Andini Dwi Hasanah

TANJUNGPANDAN, LASPELA- Bupati Belitung H Sahani Saleh mengatakan ekspor Lada dan Gula Aren di Kabupaten Belitung sekarang sangat menjanjikan.

“Prodak dari argo kita adalah lada dan gula aren saat ini yang mulai dikemas oleh masyarakat, kalo jenis buah-buahan tropis untuk kebutuhan kita didalam saja, tapi kali untuk sekarang yang bisa di ekspor itu,” kata Bupati Belitung Sahani Saleh saat menghadiri acara Coaching Clinic, penguatan sistem inatrade dan implementasi surat keterangan asal (SKA) serta updates kebijakan perdagangan luar negeri di Hotel BW Suite Belitung, Rabu (18/09/2019).

Selain itu bisa saja ekspor dari segi tambang kata Sanem, namun untuk saat ini ia sudah membatasi sedikitnya dari tambang.

“Terutamakan lada ini sudah turun temurun, nah dari segi mineral tambang seperti kaolin, tanah liat ada juga, tapi sekarang kita sudah membatasi itu semua, nah dari sisi lainnya juga bisa ikan,” tuturnya.

Menurutnya, mineral-mineral diluar timah misalnya seperti kalolin, tanah liat, pasir, harus dijadikan industri tersendiri, dan sedang ia susun segala persiapannya dengan minimal harus barang setengah jadi.

“Ekspor lada kita kan selama ini melalui Asosiasi Eksportir Lada Indonesia (AELI), nah ini diekspor tersebar ke Amerika Serikat dan Eropa, kita berharap itu nanti ekspornya langsung dari kita, kita bisa terpantau jadinya berapa-berapa saja jumla nantinya,” ujar Sanem

Sanem menerangkan, dengan alur ekspor lada yang terlalu panjang itu sebenarnya sangat mempengaruhi harga lada yang selalu terpuruk saat ini. (din)

About wahyulaspela

x
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish