Home / BANGKA BELITUNG / BMKG Imbau Masyarakat Untuk Gunakan Masker Ketika Keluar Rumah

BMKG Imbau Masyarakat Untuk Gunakan Masker Ketika Keluar Rumah

Oleh: Andini Dwi Hasanah

TANJUNGPANDAN, LASPELA– Kabut asap kiriman yang sekarang sedang dilanda Kabupaten Belitung menyebakan jarak pandang sedikit berkurang dan bisa saja menyebakan penyakit infeksi saluran pernapasan( ISPA).

Kendati demikian, Kepala Statiun Metreologi Kelas III HAS Hanandjoeddin Tanjungpandan, Carles Siregar mengimbau masyarakat Belitung yang beraktivitas banyak diluar rumah untuk gunakan masker.

“Imbauannya kita harapkan ke masyarakat Belitung yang banyak beraktivitas diluar rumah untuk lebih baik menggunakan masker, karena mulai hari ini aspanya sudah lumayan tebal,” kata carles saat ditemui Laspela, Senin(16/09/2019).

Dengan jarak pandang hanya 1 kilometer saja, Ia berharap agar besok ketebalan asap tak bertambah.

“Ya kita berharap semoga besok ketebalan asapnya tidah bertambah, justru menipis ya agar tidak mengganggu aktivitas-aktivitas kita,” ujarnya.

Dikatakan pula olehnya, dengan kabut asap kiriaman yang sedang dilanda Kabupaten Belitung saat ini belum sampai menggangu aktivitas penerbangan.

“Untuk saat ini dengan jarak pandang yang masih di 1-1,5 kilometer masih aman, dan belum menggangu penerbangan, kalau sudah di bawah satu kilometer itu pasti sudah menggangu penerbang,” uacapnya.

Kabut asap kiriman saat ini di Kabupaten Belitung kata Carles lebih parah dari pada Bangka, hal ini di sebabkan pulau Belitung cenderung lebih dekat dari pulau Kalimantan. (din)

About wahyulaspela

x
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish