Home / BANGKA BELITUNG / Vote API for BBG!
Djohan Riduan Hasan, Owner sekaligus Inisiator BBG. Foto: Tempo

Vote API for BBG!

  • Jadikan Bangka Botanical Garden Juara

Oleh: Agus Ismunarno
Wartawan Utama

ANUGERAH Pesona Indonesia (API) kembali digelar. Bangka Botanical Garden Pangkalpinang masuk kategori 10 Besar Nominasi Anugerah Pesona Indonesia 2019 berdasarkan hasil keputusan rapat Komite Seleksi.

BBG masih harus berkompetisi melalui voting SMS, Android dan youtube dengan Bukit Bangkirai, Kabupaten Kutai Kartanegara, Hutan Meranti Putih, Kabupaten Kotabaru, Kampung Flory, Kabupaten Sleman,Mangroove Forst Park, Kota Langsa, Mangrove Pahawang, Kabupaten Pesawaran, Pulau Lusi, Kabupaten Sidoarjo, Silimalombo Ecovillage, Kabupaten Samosir, Suaga Margasatwa Kerumutan, Kabupaten Pelalawan, TN Lore Lindu, Kabupaten Sigli.

Menteri Pariwisata Indonesia, Arief Yahya mengatakan API merupakan rangkaian kegiatan tahunan yang diselenggarakan dalam upaya membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap Pariwisata Indonesia.

Penyelenggaraan API, kata Arief Yahya, juga bertujuan untuk mendorong peran serta berbagai pihak terutama Pemerintah Daerah untuk lebih berupaya dalam mempromosikan pariwisata di daerahnya masing-masing.

Komite Seleksi terdiri dari para personil yang sudah berpengalaman di bidang pariwisata yang mewakili unsur pentahelix (Akademisi, Bisnis,Pemerintah, Komunitas, Media). Apa keunggulan Bangka Botanical Garden sehingga masuk dalam 10 besar API Award 2019?

Bangka Botanical Garden (BBG) atau BBG kini merupakan salah satu icon agrowisata terfavorit di Bangka Belitung dan telah menjadi salah satu daerah tujuan wisata andalan dan selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Konfigurasi pagar pohon membentuk frame foto yang instagramable
Konfigurasi pagar pohon membentuk frame foto yang instagramable

BBG diprakarsai oleh Pengusaha Pangkalpinang, Babel, Djohan Riduan Hasan yang berhasil mentransformasikan lahan tambang menjadi agrowisata yang memesona.

Wisatawan yang berkunjung ke kawasan BBG bisa menikmati suasana damai nan sejuk nan teduh oleh pepohonan dan musik alam yang tercipta dari paduan angin dan pucuk cemara ditingkah kecipak air yang ada di mana-mana.

Burung-burung berkicauan berpadu dengan suara binatang di kawasan taman yang multifungsi sebagai usaha pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan terpadu secara organik.

Didirikan akhir tahun 2006, BBG yang merupakan karya terobosan lingkungan hidup ini membawa Djohan Riduan Hasan ke istana negara untuk menerima Penghargaan Tertinggi Lingkungan Hidup, Kalpataru yang diserahkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Djohan Riduan Hasan, Owner sekaligus Inisiator BBG. Foto: Tempo

BBG menarik sejumlah menteri dan pejabat negara AS, Duta Besar, Belanda, Taiwan dan Mahasiswa Jerman untuk studi maupun perbandingan serta kunjungan wisata.

Yang sangat khas dan menjadi buruan netizer berselfie adalah deretan pohon cemara yang mencipta konfigurasi instagramable. Konfigurasi cemara itu secara alami seolah menyambut kedatangan wisatawan yang berkunjung ke kawasan BBG.

VOTING FOR BBG

Penyelenggaraan API tahun ke-4 ini akan diikuti oleh 34 Provinsi dan 143 Kabupaten/Kota dengan menampilkan 180 nominasi yang termasuk dalam 18 kategori seperti kategori makanan tradisional, wisata olahraga & petualangan, wisata halal hingga surga tersembunyi.

Peternakan sapi di BBG juga menjadi added value eksistensi BBG. Foto:bangkatour

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, periode voting akan dilakukanpada tanggal 01 Juni 2019 sampai dengan 31 Oktober 2019.

Sedangkan pengumuman
juara yang sekaligus pelaksanaan Malam Anugerah rencananya akan dilaksanakan pada minggu ke-3 bulan 21 November 2019 3. API Travel Mart 2019 dan API Travel Fest; 21 s.d 24 November 2019.
Pemungutan suara (voting) dilakukan menggunakan 3 saluran voting yaitu SMS, Aplikasi Android dan voting melalui video (youtube channel).

Sebagai warga Babel yang cinta lingkungan hidup dan cinta wisata alam dan agro mari kita berikan suara kita dengan SMS, Aplikasi maupun via Youtube Channel dan menjadikan BBG juara. Semoga!

About Isromi LASPELA

x
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish