Home / BANGKA BELITUNG / Sanem : Perpindahan Ibu Kota Negara  Akan Sangat Menguntungkan Bagi Belitung

Sanem : Perpindahan Ibu Kota Negara  Akan Sangat Menguntungkan Bagi Belitung

Oleh: Andini Dwi Hasanah

TANJUNGPANDAN, LASPELA- Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem) mengatakan tentang wacana ibu kota negara yanag akan pindah ke Pulau Kalimantan sangat-sangat menguntungkan bagi Kabupaten Belitung.

Ia mengatakan, Pemerintah Kabupaten Belitung akan sangat mensupport rencana tersebut, lantaran antara Belitung dan Kalimantan mempunyai hubungan baik, terutama dari segi adat budaya, maupun lokasi antara pulau yang sangat dekat.

“Ini sangat menguntungkan sekali bagi Belitung, karena selama ini berkaitan dengan akses ke Kalimantan, dari Belitung lebih gampang dan mudah, tinggal menyebrang saja,” jelas Sanem pada Laspela, Jumat (16/08/2019)

Diakuinya, ada satu selat yang hanya di lewati dari Belitung untuk menuju Kalimantan, yaitu selat Karimata. Apabila betul-betul lokasi untuk Ibu Kota tersebut adalah di Samarinda, Kalimantan Timur, aksesnya lebih mudah lagi.

“Itu sudah satu garis lurus. Ini tentu akan menunjang perekonomian di Belitung dan itu kami sangat yakin akan perihal tersebut,” kata Sanem.

Keyakinan itu, lantaran ada beberapa sektor yang bisa menunjang, yaitu sektor pariwisata, industri, perikanan dan kelauatan.

“Kalau jadi, kita nanti bisa ekspor ikan langsung. Belum lagi modal Belitung sudah ada, sebagai KSPN, KEK Pariwisata, KEK Industri dan pengembangan kawasan pedesaan di Selat Nasik,” jelasnya. (din)

About wahyulaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: