Home / BANGKA BELITUNG / Ini Kata Taufik Ketua DPRD Belitung Soal Wacana Peralihan Ibu Kota Negara

Ini Kata Taufik Ketua DPRD Belitung Soal Wacana Peralihan Ibu Kota Negara

Oleh: Andini Dwi Hasanah

TANJUNGPANDAN, LASPELA- Ibu Kota Negara Republik Indonesia (RI), di wacanakan oleh Presiden Joko Widodo pindah ke Pulau Kalimantan. Adanya rencana pemindahan ibu kota negara tersebut, tentu sangat disambut baik oleh Ketua DPRD Baelitung.

Pasalnya, Pulau Belitung menjadi sangat strategis sekali ketika ibu kota berada di Pulau Kalimantan, mengingat jarak antara Belitung dan Kalimantan sangat dekat dan hanya dipisahkan oleh selat karimata.

“Keuntungan bagi Belitung, tentu akses sangat mudah, terutama sangat dekat sekali dengan Kabupaten Belitung Timur, jadi langsung menuju ketapang,” ucap Ketua DPRD Taufik Rizani usai rapat paripurna pada, Jumat (15/08/2019)

Ia melihat, Ibu Kota Jakarta sekarang ini sudah sangat krodit dan wacana pemindahan ibu kota negara tersebut sudah dibicarakan beberapa tahun belakang.

“Tentunya pemindahan ibu kota negara itu juga, dalam rangka mengembangkan wilayah dan juga melihat dari situasi dan kondisi,” jelas Taufik.

Menurutnya, yang diuntungkan dari segi pembangunan adalah Belitung, mengingat status Bandara HAS Hanandjoeddin Tanjungpandan kini sudah berstatus Internasional.

“Maka pengembangan wilayah laut, artinya pelabuhan-pelabuhan yang ada di Belitung menjadi alat transportasi utama untuk menuju ibu kota,” tuturnya. (din)

About wahyulaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: