KKN PPM Gelar Dua Kegiatan Sosialisasi

Oleh : Dinda Agus Tiantie.

PANGKALPINANG, LASPELA – Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) PPM Universitas Bangka Belitung (Babel) Desa Penagan tahun 2019 gelar dua kegiatan sosialisasi, kedua sosialisasi ini melibatkan Pemateri Dosen UBB yang menargetkan pelajar SMA dan masyarakat Desa Penagan, Jumat (2/8/2019).

Roby Gusmahardika selaku Pemateri menjelaskan tentang cangkang kepiting yang mempunyai senyawa kitin dan kitosan yang baik bagi kesehatan serta kecantikan.

“Kitosan memiliki fungsi yang cukup luas seperti pada dunia kesehatan, kecantikan, dan pertanian. Harga kitosan yang dijual cukup mahal yaitu Rp 227.500,- per gram” terangnya.

Roby beserta mahasiswa UBB jurusan kimia pun mendemontrasikan pembuatan kitosan.

Di lain tempat di sekretariat Karang Taruna Desa Penagan, digelar sosialisasi tentang Sanitasi dan Drainase di Area Pemukiman yang diikuti oleh 30 masyarakat Desa Penagan.

Revy Safitri,M.T dan Fajar Indah Puspita Sari, S.Si.,M.Sc dosen Universitas Bangka Belitung hadir sebagai pemateri dalam sosialisasi.

Dalam pemaparannya, Revy menjelaskan tentang pentingnya memisahkan jenis sampah sebelum dibuang dan tidak membuang sampah sembarangan.

“Jangan sampai ada lagi sampah yang dibuang di saluran air, karena itu dapat mencemari air tanah, Selain itu jarak sumur dan septic tank minimal 10 meter untuk menghindari pencemaran air tanah oleh bakteri yang ada di feses” terangnya.

Ia bersama Fajar mempraktikkan cara membuat pupuk organik yang berasal dari sampah sayur yang dicampur dengan air, gula, dan EM4,

“Saya harap masyarakat dapat mempraktikan di rumah, bagaimana cara membuat pupuk ini,” harapnya. Rill/ (dnd)