Adet Mastur : Maulan Aklil Tidak Hadiri Rapat RZWP3K, Terpaksa Kita Skors

Oleh : Wina Destika

PANGKALPINANG, LASPELA – Ketidakhadiran Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil (Molen) dalam rapat pembahasan raperda RZWP3K, Jumat (2/8/2019) membuat ketua Pansus RZWP3K Adet Mastur menskors rapat tersebut.

“Ada dua kepala daerah yang tidak hadir dalam rapat Pansus Perda RZWP3K kali ini, yakni Walikota Pangkalpinang Maulan Aklil (Molen) dan Bupati Belitung Sahani Saleh. Namun untuk Bupati Belitung memang hari ini tidak hadir, tapi sebelumnya ia sudah pernah hadir di rapat pansus Perda RZWP3K,” kata Adet Mastur kepada wartawan usai rapat pembahasan RZWP3K di ruang Banmus Kantor DPRD Babel, Jumat (2/8/2019).

Diakui Adet, Walikota Pangkalpinang, belum pernah hadir, padahal pihaknya sudah mengirimkan surat untuk hadir di rapat Pansus Perda RZWP3K hari ini. Sementara itu dari Pemkot Pangkalpinang tidak ada konfirmasi mengenai ketidak hadiran walikota.

“Saya tegaskan kepada kepala daerah, terkhusus kepada Walikota Pangkalpinang untuk segera menghadiri undangan DPRD. Apabila Wali Kota tidak hadir jangan salahkan apabila DPRD mengambil sikap dan kebijakan di dalam raperda RZWP3K,” tegas Adet.

Sebelumnya, dijelaskan Adet bahwa tidak ada konfirmasi apa pun dari orang nomor satu di Pangkalpinang tersebut kepada dirinya.

“Tidak ada konfirmasi apa pun, surat sudah kita layangkan, dan bupati-bupati yang lain sudah hadir semua,” cetusnya.

Dikatakan Adet, ini dikarenakan untuk mensingkronisasi antara keinginan kepala daerah dan keinginan pansus sehingga tidak terdapat perbedaan antara keinginan kedua belah pihak.

“Karena ini kita harus singkron keinginan daerah dari pada Pansus ini, jadi jangan sampai Pansus menginginkan lain kepala daerah menginginkan lain,” tuturnya.

Ia menambahkan, pihaknya akan menunggu jadwal berikutnya untuk Walikota Pangkalpinang, agar bisa hadir di pembahasan Pansus RZWP3K berikutnya dan mudah-mudahan bulan depan sudah ada jadwalnya.

“Jadi kita kepingin khususnya Walikota Pangkalpinang, bisa hadir di rapat Pansus berikutnya, kalau Beliau tidak hadir jangan salahkan kita DPRD akan memusatkan langsung Pansus tersebut,” tutupnya.(wa)