Komunitas Sekapot Ancop Gelar Lomba Gasing di Festival Seni Budaya Simpang Katis Tahun 2019

Oleh: Jon Piter Wartawan Laspela

SIMPANG KATIS, LASPELA- Komunitas Sekapot Ancop bersama dengan Ngensanak Bergasing menggelar lomba Gasing dalam rangkaian kegiatan Festival Seni Budaya Kecamatan Simpang Katis Tahun 2019. Lomba Gasing merupakan bentuk pelestarian permainan tradisional masyarakat kampung di Provinsi Bangka Belitung(Babel).

Perlombaan akan dilangsungkan pada tanggal 19 Juli 2019 di Desa Puput, Kecamatan Simpang Katis, Kabupaten Bangka Tengah(Bateng), dan memiliki tiga katagori perlombaan gasing yang dilaksanakan, yakni katagori Gasing individu, Gasing Peregu dan Garing Uri.
Total hadiah yang disiapkan dalam bentuk uang pembinaan mencapai Rp.3.500.000, bagi yang mau daftar silakan daftarkan ke Panitia di Desa Puput, atau hubungi nomor 083175728705.

Ketua Komunitas Sakapot Ancop Kabupaten Bateng, Agus yang sering disapa Ayak menerangkan tentang permaian gasing yang diperlombakan,
“Ada tiga kategori yang akan diperlombakan nanti, yaitu Katagori gasing individu, yakni pemain akan mengadu gasingnya satu lawan satu hingga muncul pemenang,
Kemudian, katagori gasing peregu, dimana setiap regu memiliki 3 orang pemain gasing, mereka akan beradu tiga lawan tiga hingga muncul pemenang akhir,” ujarnya.

Yang terakhir adalah katagori Uri, pada kategori Uri ini semua pemain gasing secara bersamaan memainkan gasingnya, pemilik gasing yang paling lama berputar akan menjadi pemenang atau juara.

Ayak mengungkapkan bahwa biaya pendaftaran untuk katagori Individu/ perorangan sebesar Rp.25.000, kategori peregu sebesar Rp.90.000, dan kategori Uri sebesar Rp.10.000.

“Bagi yang mau daftar silakan daftarkan ke panitia di Desa Puput, atau hubungi nomor 083175728705, Total hadiah yang disiapkan dalam bentuk uang pembinaan mencapai Rp.3.500.000,-, serta piala dan piagam akan diterbitkan oleh Komunitas Ngensanak Bergasing Bateng.

Kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama Pemerintah Kecamatan Simpang Katis dan Komunitas Ngensanak Bergasing Bateng serta di dukung oleh Bupati Bateng, H.Ibnu Saleh, dan rencananya yang membuka kegiatan ini nantinya Pak Bupati Bateng,” ungkap Ayak.

Camat Simpang Katis, Roy Haris menjelaskan bahwa kegiatan festival seni budaya rutin dilakukan pihak Kecamatan Simpang Katis bekerjasama dengan beragam komunitas, karang taruna dan seluruh Pemerintahan Desa se- Kecamatan Simpang katis.

“Puncak perayaan festival seni budaya ini, yakni di hari perayaan kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus 2019, saat ini beragam perlombaan sudah dilaksanakan oleh sebagian para Komunitas, mereka boleh membuka kegiatan lombanya dalam bentuk Open cakupan tingkat Kecamatan, Kabupaten Bateng hingga Provinsi Babel.
Tergantung kesanggupan panitianya, perlombaan dilakukan tingkat apa. Kami dari Pemerintahan Kecamatan Simpang katis akan selalu memfasilitasi kebutuhan yang diperlukan, karena kegiatannya dalam rangkaian Festival seni budaya Kecamatan Simpang Katis,” jelasnya.

Momen ini juga lanjutnya akan menjadi ajang mempererat tali silaturahmi, bukan soal menang atau kalahnya dalam perlombaan.

Bupati Bateng, H. Ibnu Saleh mengaku sudah mengetahui kegiatan yang akan diselenggarakan komunitas Sakapot Ancop bersama Komunitas Ngensanak Bergasing tersebut.
“Saya bangga gasing yang merupakan permaianan masyarakat di kampung atau desa selalu lestari.
Kami akan dukung kegiatan masyarakat yang bersifat membangun seperti ini, jadwalnya sudah ada dan nanti akan hadir bersama dengan Camat Simpang Katis,” ungkap Ibnu.