Home / BANGKA BELITUNG / Musim Kemarau, Waspadai Penyakit Ini

Musim Kemarau, Waspadai Penyakit Ini

Oleh: Jon Piter Wartawan Laspela

KOBA, LASPELA- Ada beberapa penyakit yang sering dialami masyarakat saat musim kemarau melanda, dokter Puskesmas Koba, Kabupaten Bangka Tengah(Bateng), dr. Tomi Fernando, menjelaskan tentang Apa saja penyakit yang sering dialami masyarakat, dan bagaimana mengantisipasinya, berikut ulasannya, Minggu(14/7/2019).

“Penyakit yang sering muncul saat musim kemarau itu ada 4, yaitu ISPA(Infeksi Saluran Pernapasan Atas), Diare, Sakit Mata, dan Sakit Kulit.
1. ISPA, dapat terjadi karena ketika musim kemarau udara menjadi lebih berdebu, dan debu- debu yang bertebaran di udara tersebut berpotensi masuk kedalam saluran pernafasan sehingga menyebabkan iritasi.
Gejala ISPA antara lain suara serak, demam, batuk, pilek, nyeri tenggorokan, nyeri saat menelan, dan sebagainya.

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk terhindar dari ISPA yaitu menggunakan masker ketika berada di luar ruangan atau di tengah keramaian, rajin membersihkan ruangan agar tidak menjadi sarang debu and kuman, rajin mengkonsumsi air minum dan makanan bergizi juga penting terutama yang mengandung Vitamin C untuk kekebalan tubuh, jika batuk lebih dari 3 hari segera datang ke Puskesmas.

2. Diare, sering terjadi karena kurangya pasokan air bersih yang dapat mengganngu aktivitas sehari- hari, termasuk pencucian makanan, belum lagi bila kita jajan di luar rumah yang terpapar debu dan kuman akan meningkatkan resiko terserang Diare, air yang tidak bersih juga menjadi penyebab Diare.

Agar terhindar dari Diare, kita harus memastikan bahwa makanan dan minuman yang kita makan higienis, menutup tempat makanan dan minuman, mencuci tangan dengan sabun, dan sumber air harus bersih.

3. Sakit Mata, Sakit mata yang sering terjadi saat musim kemarau biasanya disebabkan oleh virus, oleh karena itu pengobatan terhadap sakit mata tidak boleh sembarangan karena akan memperparah iritasinya.
Jika mengalami sakit mata jangan diteteskan air seni, ASI, air daun sirih, itu salah.
Cukup rajin- rajin cuci tangan saja dan jaga kebersihan mata, sakit mata akan sembuh dengan sendirinya jika disebabkan oleh virus, tetapi apbila lebih dari 3 hari belum sembuh segera dating ke Puskesmas.

4. Sakit Kulit,
Saat musim kemarau penyakit kulit yang sering dialami masyarakat adalah gatal- gatal, dan kulit kering yang disebabkan oleh udara yang panas serta air yang kotor.
Hindari mandi di air yang kurang bersih, seperti air kolong(Air bekas galian tambang timah),” jelas dr. Tomi.

About wahyulaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish