Bupati Ibnu Saleh Berikan Bantuan ke Pembudidaya Ikan

Oleh: Jon Piter Wartawan Laspela

LUBUK BESAR, LASPELA- Bupati Bangka Tengah(Bateng), H. Ibnu Saleh memberikan bantuan kepada Kelompok Pembudidaya Ikan(Pokdakan) berupa asuransi, dua set mesin penggiling dan pengaduk pakan ikan air tawar, benih ikan, calon induk, waring, dan bak fiber.

Bupati Ibnu menilai bahwa potensi usaha di bidang perikanan khususnya air tawar masih menjanjikan.
Bupati juga berharap ada diversifikasi produk dari ikan segar menjadi produk olahan demi meningkatkan penghasilan para pembudidaya ikan air tawar.

Dalam sambutannya pada acara Temu Usaha Pembudidaya Ikan Kabupaten Bangka Tengah yang diselenggarakan di Perkebunan Karet H. Kur di Desa Lubuk Lingkuk, Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah, Kamis(27/6/2019),
Bupati Bateng Ibnu Saleh mengatakan bahwa pengusaha tidak boleh mudah putus asa,
“Jangan mudah putus asa, kegagalan adalah awal dari keberhasilan, jika sekali gagal, kedua kalinya harus berhasil, kita tahu penyebab kegagalan kita, tidak mungkin kita mau gagal lagi.
Saat ini potensi usaha berbahan ikan air tawar cukup besar, contohnya kebutuhan rumah makan pecel lele yang telah menjamur, disana kita bisa menjual ikan lele, nila, dan gurami,” ujarnya.

Selain warung makan Pecel lele, lanjut Ibnu sekarang kebutuhan ikan air tawar di pasar Kota Koba dan Pangkalpinang juga cukup tinggi, konsumsi ikan air tawar saat ini meningkat, membuat kebutuhan ikan air tawar di pasar ikut meningkat.

Ibnu Saleh juga berharap agar Kelompok Pembudidaya Ikan(Pokdakan) mampu menjual ikan dalam bentuk olahan disamping tetap menjual ikan segar,
“Kita bisa mengolah ikan menjadi ikan kering, kerupuk, empek-empek, dan abon. Kita dari Pemkab Bateng bisa bantu dalam pemasarannya.
Segera buat juga proposal bantuan dan program kegiatan, akan kita bantu sesuai anggaran yang tersedia,” terangnya.

“Bantuan yang hari ini sudah diberikan mudah- mudahan bermanfaat bagi perkembangan usaha Pokdakan di sini, kami akan terus berkomitmen memberikan bantuan sesuai kebutuhan,” pungkasnya.