Home / BANGKA BELITUNG / PAD Akan Menjadi Milik Kabupaten Belitung Jika Export Langsung Terealisasikan

PAD Akan Menjadi Milik Kabupaten Belitung Jika Export Langsung Terealisasikan

Oleh: Andini Dwi Hasanah Wartawan Laspela

TANJUNG PANDAN, LASPELA- Adanya Ekspor langsung melalui Belitung juga akan membawa keuntungan secara finansial. Sebab, Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang sebelumnya menjadi milik daerah lain, bakal menjadi milik Belitung dari adanya kegiatan ekspor langsung ini.

PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) / IPC Tanjungpandan berkomitmen untuk mendorong kegiatan ekspor langsung dari Pulau Belitung. Caranya dengan “direct export” ke negara tujuan menggunakan peti kemas.

Selain untuk memangkas biaya logistik, program direct export juga untuk membranding produk asli Belitung. Baik itu, komoditas produk pertanian, perikanan, pertambangan dan lain sebagainya.

General Manager PT Pelindo II (Persero) Cabang Tanjung Pandan, Yossianis Marciono mengatakan dengan terlaksanakan nya ekspor langsung ini bisa bermanfaat juga untuk Pemerintah Daerah.

“Manfaatnya untuk Pemerintah Daerah nantinya PAD akan masuk ke Belitung langsung, yang mana setiap daerah itu sangat menginginkan adanya pendapatan daerah dari ekspor,” Ungkapnya.

Ia mencontohkan, selama ini kegiatan ekspor kaolin biasanya melalui pelabuhan Internasional Tanjung Priok. Setibanya di pelabuhan barang ekspor dari pelabuhan Tanjungpandan akan mengalami pengecekan ulang kembali. Itu dilakukan sebelum nantinya dibawa ke Pelabuhan Internasional Tanjung Priok.

Kaolin harus disortir, dengan dibongkar dan dikemas ulang. Setelah itu dimasukan ke dalam peti kemas dan diangkut ke Pelabuhan Internasional di Tanjung Priok.

“Nah, biaya-biaya logistik inilah yang akan kita pangkas, dengan program direct export. Selain itu, produk yang kita ekspor ke negara tujuan memiliki branding Belitung bukan Jakarta,” Papar Yossi.

Selanjutnya ia menjelaskan, Sebelumnya kegiatan ekspor tidak terlihat berapa banyak kaolin yang di ekspor dari Pulau Belitung.

“Sebelumnya kita ga pernah keliatan nih berapa banyak jumlah kaolin yang di ekspor dari Belitung, nah ketika sudah ada ekspor langsung ini kita bisa ketahuan nih ternyata ekspor kaolin kita ini besar loh, dan tercatat,” Jelasnya. (din)

About wahyulaspela

x
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish