Home / BANGKA BELITUNG / Sungailiat Triathlon 2019 Dorong KEK Sungailiat Bangka

Sungailiat Triathlon 2019 Dorong KEK Sungailiat Bangka

Oleh: Agus Ismunarno
Wartawan Utama
LASPELA Media Group

ARIEF YAHYA, Menteri Pariwisata meyakini Sungailiat Triathlon akan memberikan akselerasi bagi pariwisata Bangka. Alasannya, sport tourism terbukti efektif mengangkat destinasi yang dilaluinya.

“Bangka mempunyai potensi besar sebagai destinasi sport tourism dunia. Tracknya cukup menantang dengan suguhan pemandangan yang luar biasa. Saya berharap kegiatan ini ini bisa menjadi pemantik semangat Bangka untuk mendorong KEK Pariwisata Sungailiat, Bangka ” tandas Menpar Arief.

Mantan Dirut Telkom ini menambahkan, “Sport tourism terbukti efektif mengangkat destinasi wisata. Apalagi saat ini trend sport tourism memiliki peningkatan yang pesat. Bahkan telah menjadi gaya hidup banyak wisatawan.”

Menteri Pariwisata terbaik se-Asia Pasifik ini mengemukakan, “Sport tourism efektif karena nilai media value atau media branding-nya tinggi. Media value yang didapat minimal bisa dua kali lipat dari direct impact turis yang datang, karena dipromosikan oleh media nasional dan internasional sebelum, sesaat, dan sesudah acara. Tentu efeknya akan bagus bagi pariwisata Bangka.”

Gairah Rute Baru
Para peserta akan disambut oleh rute baru yang menanti untuk ditaklukkan. Sederet destinasi menarik akan dijelajahi oleh para peserta dalam event ini, seperti Pantai Tanjung Pesona, Puri Tri Agung, Pantai Air Anyir, Pantai Teluk Uber, dan masih banyak lagi lainnya.

“Mereka juga akan melewati kawasan agro wisata. Sebuah kawasan yang merupakan bagian dari konsep Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata yang sedang difokuskan dibangun Pemerintah,” ujar Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Rizki Handayani, Senin (10/6).
Kiki, sapaan akrabnya menjelaskan, Sungailiat Triathlon 2019 bakal memberikan pengalaman yang berbeda. Pesona alam yang dimiliki Pulau Bangka memang menjadi daya tarik tersendiri bagi para atlet nusantara dan mancanegera.

“Usai menyelesaikan beragam tantangan pada ajang Sungailiat Triathlon, para atlet akan mengikuti berbagai ajang triathlon lainnya. Seperti Jakarta City Triathlon, Lombok Triathlon, Bangka Triathlon dan diakhiri dengan Palembang Triathlon,” sebut Kiki yang diamini Asdep Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional I Kemenpar Dessy Ruhati.

Sungailiat Triathlon akan menjadi pembuka Triathlon Series. Lima series triathlon yang diselenggarakan di lima kota akan menjadikan Indonesia Triathlon Series sebagai perlombaan triathlon terbesar di Indonesia.

Perbedaan lainya adalah diberlakukannya sistem point yang menjadi penentu peringkat bagi para atlet. Sistem point ini akan menjadi sarana pemuas hasrat para atlet yang bertanding.

Ia menjelaskan, “Point ini nantinya akan menjadi penentu peringkat bagi para atlet sebagai bentuk kebanggaan dalam pencapaian pribadi mereka menggeluti dunia triathlon sesuai dengan kategori umur yang diikuti.”

Dessy menambahkan, Sungailiat Triathlon merupakan salah satu pioneer event triathlon di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan telah berlangsungnya event ini 7 kali berturut-turut.

Dessy mengatakan,”Dari eksistensi Sungailiat Triathlon inilah yang membuat event ini ajang tahunan atlet-atlet dari mancanagera.” (kemenpar/ags)

About Isromi LASPELA

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish