Home / BANGKA BELITUNG / Pemkab Basel Sambut Baik Rencana PT. Timah Lakukan Reklamasi Eks Tambang

Pemkab Basel Sambut Baik Rencana PT. Timah Lakukan Reklamasi Eks Tambang

Oleh: Nopranda Putra

TOBOALI, LASPELA – Adanya wacana PT. Timah unit IV Toboali untuk melakukan reklamasi lahan eks tambang di wilayah kabupaten Bangka Selatan (Basel) mendapat tanggapan dari Pemkab Basel.

Melalui Kepala Dinas Kawasan Pemukiman, Perumahan dan Lingkungan Hidup Basel, Gatot Wibowo mengatakan, sejauh ini untuk rekapan luas lahan yang direklamasi PT Timah pada tahun 2019 belum didapatkan mengingat reklamasinya belum selesai .

Kendati demikian, lanjut Gatot untuk periode bulan Juli hingga Desember 2018 lalu, PT. Timah berhasil melakukan reklamasi lahan eks tambang di Basel seluas 28,33 Hektar.

“Selain PT. Timah, lahan eks tambang juga telah direklamasi oleh CV. Bayu Mandiri Pratama seluas 3 hektar,” kata Gatot, Kamis (13/6).

Ia menilai, secara prinsip Pemkab Basel akan tetap mendukung kegiatan reklamasi eks tambang oleh PT. Timah maupun perusahaan swasta lainnya yang bergerak dipertambangan timah di wilayah Basel. Menurutnya ini sebagai wujud kewajiban mereklamasi bagi pemegang IUP.

“Yang terpenting agar tanaman reklamasi atau lahan dijaga keberlangsungannya agar tidak dilakukan penambangan ulang oleh masyarakat, sehingga pemeliharaan bisa berlangsung baik. Terlebih proses pengerjaannya bisa melibatkan masyarakat setempat selain fungsi keterlibatan masyarakat juga berfungsi pemenuhan tenaga kerja,” tukasnya. (Pra)

About nputralaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish