Home / BANGKA BELITUNG / Gubernur Babel Terima Kunjungan Kepala Kantor Bahasa Babel

Gubernur Babel Terima Kunjungan Kepala Kantor Bahasa Babel

Oleh : Wina Destika

PANGKALPINANG, LASPELA – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman menerima Kunjungan Kepala Kantor Bahasa Babel, Yani Paryono, di Ruang Kerjanya, Selasa (21/5/2019) siang.

Kehadiran Kepala Kantor Bahasa Babel tersebut, selain bersilaturahmi dan memperkenalkan diri sebagai Kepala Kantor yang baru, Ia juga melaporkan kepada Gubernur terkait program yang dijalankan.

“Sesuai dengan amanat UUD 1945 pasal 36 tentang Bahasa Nasional bahwa Bahasa Negara kita adalah bahasa Indonesia. Juga sesuai Peraturan Presiden Nomor 57 Tahun 2014 tentang Pengembangan Pembinaan dan Perlindungan Bahasa Indonesia serta Fungsi Bahasa Indonesia akan dijadikan bahasa Internasional. Oleh sebab itu, sebagai masyarakat yang melahirkan bahasa Negara, yaitu bahasa Indonesia, nanti diharapkan dapat menjadi teladan bagi seluruh Provinsi di Indonesia,” ungkapnya.

Pihaknya, ingin membuat kerjasama dan MoU dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel terkait pengutamaan bahasa Indonesia di ruang publik dan badan publik. Termasuk uji kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) untuk mengukur kemahiran seseorang dalam berbahasa Indonesia secara Lisan dan Tulisan.

Sesuai Kemendikbud, ditegaskannya, UKBI ini, wajib dikuasasi dan menjadi standar masyarakat dalam berbahasa Indonesia.

Menanggapi hal itu, Gubernur Babel, Erzaldi Rosman antusias terhadap program yang dijalankan Kantor Bahasa Babel. “Secepatnya pula saya harapkan, PKS dapat terlaksana, sehingga Kantor Bahasa nanti dapat memberikan Guiden tentang Bahasa Indonesia yang benar khususnya para Guru terkait pembuatan Buku,” ujarnya.

Erzaldi juga memberikan Apresiasi kepada Kantor Bahasa Babel terkait Buku – buku cerita yang mengangkat kearifan Lokal Masyarakat Babel. Dirinya bahkan mencoba simulasi Tes UKBI.(wa)

About Isromi LASPELA

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish