Home / BANGKA BELITUNG / Kemenper RI Bantu Pemkab Basel Bangun ‘Long Storange’ di Enam Desa

Kemenper RI Bantu Pemkab Basel Bangun ‘Long Storange’ di Enam Desa

Oleh: Nopranda Putra

TOBOALI, LASPELA – Dalam waktu dekat ini, Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan (Basel) melalui Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (DPPP) Basel akan membangun saluran sawah atau ‘Longe Storange’ guna meningkatkan pembangunan insfratruktur, khususnya areal persawahan yang ada di daerah itu.

Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan, Suhadi, Rabu (15/5) mengatakan tahun 2019 Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Basel akan menerima bantuan dari Kementerian Pertanian dalam bidang saluran areal persawahan.

“Tahun 2019, kami dibantu Kementerian Pertanian rencananya akan membangun membangun saluran di areal persawahan,” kata Suhadi.

Menurutnya, pembangunan Long Storange ini dilakukan dengan tujuan sebagai penampung air dilaka musim hujan dan sebagai cadangan air di saat kemarau.

“Long storange ini selain berfungsi menampung air hujan, petani juga memiliki cadangan air untuk mengairi sawah ketika memasuki musim kemarau,” ujarnya.

Sementara itu, Sekertaris DPPP Kabupaten Bangka Selatan, Rizal menambahkan pembangunan saluran sawah ini rencananya akan dilaksanakan di enam desa yang ada di Kabupaten Bangka Selatan.

“Saluran sawah ini rencananya akan kami bangun di enam desa, yakni di Desa Batu Betumpang, Desa Ranggung, Desa Nadung, Desa Gadung dan Desa Penutuk serta Desa Tanjung Sangkar,” katanya.

Adapun anggaran pembangunan saluran sawah ini, lanjut dia direncanakan akan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) dan akan kerjakan dengan sistem swakelola oleh petani.

“Hari ini kami telah melaksanakan rapat dengan seluruh ketua Gapoktan guna melakukan persiapan sebelum pelaksanaan pembangunan saluran sawah,” tukasnya. (Pra)

About nputralaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish