Home / BANGKA BELITUNG / Puskesmas Diharapkan Dapat Berikan Pembinaan Kepada Masyarakat

Puskesmas Diharapkan Dapat Berikan Pembinaan Kepada Masyarakat

Oleh : Dinda Agus Tiantie

PANGKALPINANG, LASPELA – Puskesmas diharapkan bukan hanya sebagai tempat berobat untuk masyarakat, namun juga Puskesmas harus bisa memberikan pembinaan kepada masyarakat.

Hal ini diungkapkan oleh Suriyanto selaku Plt.Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DinkesPPKB) kota Pangkalpinang, saat menjadi Narasumber dalam kegiatan Rakor Daerah Bidang Keluarga Berencana, yang berlangsung di Ballroom Renz Hotel, Selasa (30/4/2019).

“Puskesmas yang selama ini hanya tempat untuk berobat untuk masyarakat, padahal tidak hanya itu, Puskesmas juga diharapkan dapat memberikan pembinaan kepada masyarakat, agar masyarakat hidup bersih dan sehat,” jelasnya.

Puskesmas pun harus lebih aktif lagi dalam memberikan informasi kepada masyarakat, baik itu pola hidup sehat, imunisasi kepada anak, ataupun penanganan dalam pencegahan penyakit Deman Berdarah (DBD).

“Seperti beberapa waktu lalu, yang sedang heboh-hebohnya DBD, banyak sekali masyarakat yang minta penyemprotan di lingkungan rumahnya, padahal dampak dari penyemprotan itu tidak baik,” tuturnya.

“Nyamuk yang disemprot itu hanya nyamuk yang terbang saja, tapi yang didalam air itu tidak berdampak, untuk itu peran Puskesmas dalam meyampaikan info-info seperti ini kepada masyarakat sangat perlu dilakukan,” lanjutnya.

Ia menuturkan, jika masyarakat sehat dan tidak datang lagi ke Puskesmas maka berhasil pula peran dari Puskesmas tersebut.

“Itu berarti Puskesmas sukses dalam menjalankan peran, dan tepat sasaran,” tuturnya. (dnd)

About wahyulaspela

x
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish