Home / BANGKA BELITUNG / Lounching Kartu Ternak, Suhadi Berharap Peternak Merasakan Manfaatnya

Lounching Kartu Ternak, Suhadi Berharap Peternak Merasakan Manfaatnya

Oleh: Nopranda Putra

PULAUBESAR, LASPELA – Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan melalui Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan melakukan kegiatan Lounching Kartu Ternak dan Pelayanan Kesehatan Hewan Terpadu di Desa Panca Tunggal, Kecamatan Pulau Besar, Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Kamis (18/4).

Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (DPPP) Basel, Suhadi mengatakan kartu ternak ini adalah kartu identitas ternak dengan memiliki kartu ini, peternak dapat merasakan manfaat yang ada.

“Manfaatnya ternak bisa teridentifikasi dengan baik memiliki data dan catatan yang lengkap, sehingga bisa mudah kita memberikan pelayanan,” kata Suhadi kepada wartawan, Kamis (18/4).

Selain itu, lanjut dia memiliki kartu identitas ternak ini bertujuan untuk dapat memberikan informasi dan data pada ternak, baik status perkawinan, kesehatan dan umurnya.

“Tujuannya kartu identitas ternak yakni untuk identifikasi ternak, pencatatan kondisi dan keberadaan ternak dan Memberikan informasi atas ternak terkait dengan status kesehatannya, status perkawinannya, umurnya, jenisnya dab banyak lagi,” ujarnya.

Tak hanya itu, ia juga menuturkan dapat memudahkan petugas lapangan juga untuk memberikan pelayanan yang maksimal dan juga dapat memberikan saran kepada peternak.

“Sehingga petugas bisa cepat memberikan saran dan pelayanan ketika ternak tersebut mengalami sakit atau perlu penangan. Dengan demikian peternak akan mudah dan cepat mengetahui kondisi ternaknya dan cepat minta bantuan penanganan atas kasus ternaknya,” tandasnya.

Oleh karena itu, ia berharap kartu identitas ternak ini dapat meningkatkan efektifitas peternak untuk lebih baik.

“Tentunya kita berhatap hal ini akan meningkatkan efektifitas peternak saat pemeliharaan ternak tersebut,” harapnya. (Pra)

About nputralaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish