Home / BANGKA BELITUNG / Wabup Basel Mantapakan PAM TPS dan Personil Pos Terpadu

Wabup Basel Mantapakan PAM TPS dan Personil Pos Terpadu

Oleh: Nopranda Putra

TOBOALI, LASPELA – Sebagai inspektur upacara, Wakil Bupati Bangka Selatan (Basel) Riza Herdavid menyampaikan amanat Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian yang dimuat dalam tujuh poin, pada acara Apel Kesiapan Pergeseran PAM TPS dan Penempatan Personil Pos Terpadu di Halaman Kantor Bupati Basel, Senin (15/4).

“Perkuat solidaritas dan sinergitas TNI/POLRI guna mewujudkan pemilu yang aman, lancar dan damai, jaga netralitas TNI/Polri, serta hindari tindakan yang dapat mencederai netralitas TNI/ Polri dalam penyelenggaraan setiap tahapan pemilu, kedepankan langkah-langkah pro aktif dengan mengoptimalkan diteksi dini guna mengetahui dinamika yang berkembang untuk
selanjutnya dilaksanakan upaya pencegahan dan penanganan secara dini,” ucapnya.

Ia juga meneruskan, dorong seluruh elemen KPU, Bawaslu, Caleg, Parpol dan massa pendukungnya, pemda, media, tokoh masyarakat serta pengawas pemilu independen untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang di emban sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“Gelorakan deklarasi pemilu damai dimasing-masing wilayah, dengan mengikutsertakan elemen-elemen yang terlibat dalam penyelenggaraan pemilu,” ujarnya.

Tak hanya itu, ia juga menyampaikan susun rencana pengamanan secara detail dan laksanakan latihan pada setiap tahapan pengamanan, termasuk dalam menghadapi situasi kontijensi (situasi yang tak pasti).

“Mari kita lakukan penegakan hukum secara profesional dan proporsional, baik terhadap dugaan tindakan pidana pemilu yang diselenggarakan, melalui sentra gakkumdu, maupun potensi pelanggaran hukum lainnya guna menjamin kamtibmas,” lanjutnya.

Turut hadir, dalam acara itu Kapolres Basel AKBP Aris Sulistyono, Kajari Basel Safrianto Zuriat Putra, Dandim 0413 Bangka Letkol Arm Riski Budianto, Forkopimda dan Tokoh Agama. (Pra)

About putralaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish