Home / BANGKA BELITUNG / Dinkominfotik Gelar Sosialisasi Pengamanan Informasi dan Komunikasi

Dinkominfotik Gelar Sosialisasi Pengamanan Informasi dan Komunikasi

SUNGAILIAT, LASPELA – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bangka melalui Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Dinkominfotik) Kabupaten Bangka menggelar sosialisasi Pengamanan Informasi dan Komunikasi bagi para pelajar se Kabupaten Bangka tahun 2019.

Sosialisasi tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati (Wabup) Bangka, Syahbudin, S.I.P., pada Senin (15/04/19) di Auditorium Tanjung Pesona Bangka.

Wabup Bangka dalam sambutannya menuturkan bahwa kemajuan teknologi dan informasi harus dimanfaat dengan objektif agar masyarakat dapat mengedepankan dampak positif dalam proses pengimplementasiannya.

“Kemajuan teknologi dan informasi harus menjadi sarana dalam membangun edukasi bagi masyarakat kita, karena sebagian penggunaan internet aktif merupakan dari anak-anak terutama yang masih berusia produktif,”ungkap Wabup.

Wabup menambahkan bahwa selain dalam penggunaan teknologi dan informasi secara objektif yang proporsional juga diperlukan pemahaman terkait pemahaman memproteksi data-data yang bersifat pribadi.

“Melalui kegiatan ini agar mampu meningkatkan pemahaman dalam memproteksi data pribadi dalam dunia cyber terutama di media sosial dan dapat menyaring informasi yang didapat sebelum disebarluaskan,”tutur Wabup.

Untuk itu Wabup berharap agar para peserta yang mengikuti sosialisasi dapat memahami materi yang dipaparkan oleh narasumber sebagai bahan acuan untuk diimplementasikan dalam proses kehidupan.

“Saya meminta agar para peserta mampu mengaplikasikan ilmu yang didapatkan dari narasumber nanti, karena media sosial memiliki manfaat positif,”harap Wabup.

Sementara itu pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Dinkominfotik) Kabupaten Bangka, Ir. Asmawi Alie, M.T., menuturkan bahwa sosialisasi tersebut bertujuan sebagai sarana pemberian edukasi kepada para pelajar di Kabupaten Bangka dalam mengamankan data pribadi serta menangkal ragam tautan serta berita yang bersifat HOAX atau diragukan kredibilitasnya.

“Kepada anak generasi milenial untuk menangkal informasi yang tidak benar serta dapat memahami lebih dalam pengamanan data pribadi dan kantor,”pungkasnya.

Sosialisasi yang berlangsung selama satu hari tersebut diikuti oleh peserta dari Mahasiswa juga Pelajar SLTA se Kabupaten Bangka dengan menghadirkan narasumber dari Kasubdit Layanan Keamanan Informasi Direktorat Proteksi Pemerintah Deputi II, Rizkal, S.Sos., M.M dan dari Dinas Kominfo Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Akbar Riyandi, S.Kom. (Pemkab Bangka)

About wahyulaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish