Home / BANGKA BELITUNG / Pengawas Silang Diterapkan Disdikbud Basel Pada USBN 2019

Pengawas Silang Diterapkan Disdikbud Basel Pada USBN 2019

Oleh: Nopranda Putra

TOBOALI, LASPELA – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Selatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengerahkan pengawas untuk melakukan pemantauan pelaksanaan Ujian Sekolah Berbasis Nasional(USBN) tingkat SMP/Mts yang ada di daerah itu.

Kepala Bidang Pendidikan Sekolah Menengah pertama (PSMP) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Selatan, Ardiansyah mengatakan pola pengawasan yang diterapkan saat USBN ini yakni dengan sistem silang.

“Pola pengawasan yang terapkan sistem silang, misalnya pengawas sekolah A mengawasi Sekolah B dan Pengawas B mengawasi sekolah A,” katanya, Kamis (4/4).

Ia menuturkan, pola pengawasan dengan sistem silang pengawas ini dilaksanakan dalam rangka agar pelaksanaan USBN berjalan adil dan mengantisipasi adanya dugaan kecurangan. “Sejauh ini pelaksanaan USBN berjalan lancar dan tanpa kendala apapun,” tuturnya.

Ia mengatakan sampai saat ini pelaksanaan USBN masih dilakukan masih dengan menggunakan sistem manual dan belum menggunakan komputer.

“Hampir seluruh mata pelajaran umum masuk dalam USBN, seperti Pendidikan Agama Islam, IPA, IPS , Matematikan, PPKN Bahasa Indonesia dan lain sebagainya,” ujarnya. (Pra)

About putralaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish