banner 728x90

ASN Pemprov Babel Ikrar Pernyataan Sikap Terhadap Pemilu dan Pilpres Serentak 2019

banner 468x60
FacebookTwitterWhatsAppLine

Oleh : Wina Destika

PANGKALPINANG, LASPELA – Ribuan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) membacakan sebanyak 6 poin Ikrar pernyataan sikap terhadap Pemilu dan Pilpres Serentak 2019.

banner 325x300

Pembacaan Ikrar dihadapan Wakil Gubernur Babel Abdul Fatah, disela-sela pelaksanaan Upacara Bendera Mingguan di Halaman Kantor Gubernur Babel, Senin (1/4/2019) pagi itu, di pimpin Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Yuliswan.

Ikrar yang dibacakan tersebut, meliputi: 1) Mendukung suksesnya Pemilu dan Pilpres serentak Tahun 2019 demi terwujudnya sistem Pemerintahan Presidensil yang semakin efektif berdasarkan Pancasila dan UUD 1945; 2) Menolak segala bentuk kampanye yang bermuatan kebencian, fitnah dan ujaran yang bermuatan SARA serta hoax; 3) Mendukung serta mendorong kampanye yang bermartabat dan beretika, serta lebih mengedepankan adu program-adu konsep- adu gagasan sebagai bagian dari pendidikan politik yang bermartabat.

Poin 4) Menjaga netralitas dan profesionalitas ASN dalam menyalurkan hak dan kewajiban politiknya secara bertanggung jawab; 5) Mengajak Seluruh Warga Negara Republik Indonesia untuk menggunakan hak pilihnya secara demokratis pada tanggal 17 April 2019, demi terwujudnya pembangunan nasional yang berkelanjutan untuk 5 tahun ke depan, serta terwujudnya pemerataan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan Masyarakat Indonesia, serta; 6) Mendukung tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berazaskan Pancasila – UUD 1945 – Bhineka Tunggal Ika.

Wakil Gubernur (Wagub) Babel, Abdul Fatah mengatakan, KIkrar yang dibacakan oleh seluruh ASN ini, merupakan deklarasi yang harus dipegang teguh oleh seluruh ASN, khususnya di lingkup Pemprov Babel demi mensukseskan Pemilu Serentak 2019.

“Saya ingin mengingatkan bahwa ikrar yang baru saja kita ikrarkan tadi, merupakan suatu kekuatan dan keinginan teguh, bulat untuk menjaga cipta suasana, dalam menjaga pelaksanaan Pemilihan Presiden, Wakil Presiden dan juga Pemilihan Anggota Legislatif dalam suasana kondusif dan damai,” kata Wagub.

Kepada seluruh ASN Pemprov Babel, Wagub juga mengharapkan, dengan adanya ikrar tersebut, mengajak masyarakat yang ada disekitarnya untuk bersama-sama menggunakan hak pilihnya di dalam hari Pemilu tanggal 17 April 2019.

Wagub menginginkan pelaksanaan Pemilu Serentak Tahun 2019, nantinya berjalan dengan suasana aman, damai dan tenang, tanpa adanya konflik yang terjadi di masyarakat, mulai dari sebelum berlangsungnya pemilihan hingga selesainya Pemilu Serentak 2019.

“Netralitas adalah suatu keharusan tidak berpihak ke kiri dan ke kanan. Mereka tetap berdiri teguh di tengah-tengah semua golongan, karena mereka adalah fungsinya melayani. Dan di dalam melayani tanpa pilih kasih, semua sama sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.rill/(wa)

banner 325x300
banner 728x90
Exit mobile version