Home / BANGKA BELITUNG / Ketua Baznas Babel Sampaikan di Indonesia 29 Juta Kategori Masyarakat Miskin

Ketua Baznas Babel Sampaikan di Indonesia 29 Juta Kategori Masyarakat Miskin

Oleh : Wina Destika

PANGKALPINANG, LASPELA – Ketua Baznas Kepulauan Bangka Belitung Sofyan Tsauri menyampaikan, bahwa di Indonesia, saat ini berjumlah 29 juta lebih masuk dalam kategori masyarakat miskin. Pekerjaan yang bukan main – main, kesungguhan imat Islam dalam rangka mengatasi kemiskinan ini, letaknya adalah pada kesediaan membayar Zakat.

“Karena semakin banyak orang – orang membayar zakat, maka semakin cepat pula mengentaskan kemiskinan,” kata Sofyan dalam sambutannya pada Rapat Koordinasi (Rakor) Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, di Sun Hotel Pangkalpinang, Kamis (28/3/2019).

Sofyan mengatakan, tujuan dari Rakor UPZ ini dalam rangka kesungguhan hati muzzaki zakat (orang yang mengeluarkan zakat) untuk menunaikan zakat. Juga Undang – Undang Nomor 23 tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat yang mangamanatkan Baznas sebagai mitra Pemerintah dalam rangka mengentaskan kemiskinan.

“Karena zakat merupakan bagian ke tiga dari Rukun Islam. “Mudah – mudahan dengan apa yang kita lakukan ini, para UPZ yang merupakan tugas mulia dapat menjadi perantara para wajib zakat untuk menunaikan zakatnya,” harapnya.

Lanjut Sofyan, Baznas Babel sebagai pengelola zakat tiap tahunnya, selalu di audit oleh Basnaz Pusat dan Kemenag, serta akuntan public. Artinya, Basnaz mampu mempertanggungjawabkan apa yang telah diterima. “Baru – baru ini, Baznas Babel dari lembaga pemeriksa telah mendapat predikat wajar tanpa catatan,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Kanwil Kemenag Babel, Muhammad Ridwan mengatakan, Kemenag sebagaimana diatur dalam Undang – Undang Nomor 23 tahun 2011 memiliki peran sebagai Regulator dan juga Motivator.

“Pemberdayaan zakat ini, sesuai dengan pertemuan Baznas beberapa waktu lalu, mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Hal ini menunjukkan bahwa kesadaran masyarakat semakin meningkat, dan peran Baznas Nasional maupun Daerah semakin baik atau meningkat,” jelasnya.

Oleh sebab itu, Ia mengapresiasi kegiatan ini, dalam rangka upaya peningkatan kesadaran membayar Zakat yang merupakan salah satu Rukun Islam.

Kegiatan yang turut dihadiri Perwakilan Pengadilan Tinggi Agama Babel dan jajaran Baznas Babel ini, juga diisi dengan pemberian Penghargaan Kepada Dinas atau Lembaga yang melaksanakan pengumpulan Zakat secara Optimal, diantaranya Dinas Pendidikan, Dinas Kehutanan, RSUD, RSJD dan Dinas PUPR Babel.(wa)

About winalaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish