Home / BANGKA BELITUNG / Pemprov Babel Berikan Dukungan kepada Lemhannas dalam Mewujudkan Pengelolaan Pertambangan

Pemprov Babel Berikan Dukungan kepada Lemhannas dalam Mewujudkan Pengelolaan Pertambangan

Oleh : Wina Destika

PANGKALPINANG, LASPELA – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berikan dukungan ketahanan nasional, Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) dalam upaya mewujudkan pengelolaan pertambangan yang berkelanjutan.

Dalam kesempatan tersebut, Asisten Setda Babel Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Yanuar mengatakan dalam kegiatan Focus Group Discussion (FGD) ini dengan mengusung tema “Optimalisasi Pengelolaan Tambang Secara Berkelanjutan dalam Rangka Ketahanan Nasional” diharapkan bisa membawa hasil yang bermanfaat buat masyarakat dan daerah Babel, khususnya buat tim Lemhannas RI sendiri.

“Selamat datang dan terima kasih atas kedatangan bapak dan ibu. Kami berharap pertemuan ini nantinya menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Provini Babel, kata Yanuar saat membuka rapat pertemuan kegiatan FGD yang berlangsung di ruang Tanjung Pendem Kantor Gubernur Babel, Rabu (20/3/2019).

Yanuar menyampaikan, untuk menghasilkan diskusi yang baik, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel telah mengundang beberapa Kepala OPD di lingkup Pemprov Babel diantaranya Dinas Energi dan Mineral serta BLH Babel.

Sementara itu, Brigjen TNI Ramses, L.Tobing Dirjian Ekonomi dan SKA Debidjianstrat Lemhannas RI mengatakan, dari pembahasaan Lemhannas, perlu kiranya Lemhannas memberikan saran kepada Presiden bagaimana sebenarnya melaksanakan pengelolaan tambang yang belum bisa memberikan hasil optimal dan berkelanjutan.

“Sebenarnya kegiatan kita ini FGD, intinya kita adalah mengumpukan data berkaitan dengan Optimalisasi Pengelolaan Tambang Secara Berkelanjutan Dalam Rangka Ketahanan Nasiona,” jelas Brigjen Ramses.

Brigjen Ramses, L.Tobing juga menegaskan, Lemhannas memilih wilayah Babel untuk dilakukan pengkajian karena Babel memiliki pengalaman pertambangan timah yang sudah lama, sehingga mampu menopang perekonomian masyarakatnya.

“Kita memilih Babel yang sebenarnya Babel sudah memiliki pengalaman mengelola pertambangaan timah ini. Kita lihat dampaknya kepada lingkungan kepada masyarakat dan bagaimana kelanjutan tambang timah ini, menopang perekonomian masyarakat, itu kira – kira yang kita lakukan,” tegasnya.(wa)

About Isromi LASPELA

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish