Home / BANGKA BELITUNG / Kementan RI Akan Bantu Pemkab Basel Tingkatkan Pertanian di Basel

Kementan RI Akan Bantu Pemkab Basel Tingkatkan Pertanian di Basel

Oleh : Nopraanda Putra

TOBOALI, LASPELA– Pemerintah kabupaten (Pemkab) Bangka Selatan (Basel) melalui Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan kabupaten Basel akan mendapatkan bantuan dari Kementerian Pertanian (Kementan) RI di tahun 2019 dalam rangka peningkatan pembangunan infrastruktur di kabupaten Basel.

Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (DPPP) Basel, Suhadi mengatakan adapun bantuan dari pemerintah pusat yang akan dikucurkan yakni jaringan irigasi persawahan dan optimasi lahan di kabupaten Basel, guna meningkatkan pertumbuhan lahan pertanian di kabupaten Basel.

“Bantuan Pemerintah pusat tahun 2019 ini, yakni ada jaringan irigasi tapi masih penyempurnaan kondisi persawahan di Basel, optimasi lahan 300 hektar,” kata Suhadi kepada wartawan, Jumat (15/3) di ruang kerjanya.

Selain itu, lanjut dia ada juga bantuan alat penunjang peningkatan pertanian untuk para petani di Basel. “Selain penyempurnaan lahan dan optimasi ada juga bantuan berupa alat mesin pertanian (Alsintan) TR 2 dan Kultivator,” ujarnya.

Sementara itu, ia menuturkan untuk hal – hal lain yang ikut menunjang para petani juga ada hal penunjang bagi peternak sapi yakni asuransi dari Pemerintah pusat.

“Bantuan juga ada yang lain, berupa asuransi usaha ternak sapi sebanyak 1000 polis dan asuransi usaha tanam pangan seluas 3000 hektar,” jelasnya

Menurutnya, bantuan dari pemerintah pusat ke daerah kabupaten Basel pada tahun 2019 ini terbilang minim sekali, hanya saja pihaknya banyak mengajukan usulan bantuan ke Pemerintah pusat pada tahun 2020 mendatang, dan saat ini masih tahap perencanaan.

“Untuk usulan 2020 kita mengajukan pembangunan irigasi di desa Batu Betumpang, desa Panca Tunggal, desa Rias, desa Payung, desa Serdang, desa Gadung, desa Tanjung Sangkar, desa Tanjung Labu dan desa Penutuk yang semua itu direncakan keseluruhan lahan seluas 1200 hektar,” tandas Suhadi.

About putralaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish