Home / BANGKA BELITUNG / Bazar UMKM Forkoda Bamasa Meriahkan Baksos Yayasan BPJ Peduli di Sungailiat

Bazar UMKM Forkoda Bamasa Meriahkan Baksos Yayasan BPJ Peduli di Sungailiat

SUNGAILIAT, LASPELA – Bazar usaha mikro Forkoda Bamasa turut memeriahkan kegiatan bhakti sosial (baksos) pengobatan Yayasan BPJ Peduli di Sungailiat, Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Dalam bazar UMKM tersebut menghadirkan produk-produk lokal Kabupaten Bangka. Hal ini, mendapat apresiasi langsung dari Founder Yayasan BPJ Peduli Bambang Patijaya (BPJ).

Bambang mengatakan bahwa sinergitas Forkoda Bamasa melalui UMKM itu penting membangun ekonomi mikro. Bersamaan dengan baksos ini, Yayasan BPJ Peduli juga tidak lupa untuk mengikutsertakan Forkoda Bamasa.

“Saya ikut sertakan mereka, karena Forkoda Bamasa ini yang membina usaha kecil mikro untuk menampilkan produk-produk hasil UMKM,” ucapnya di sela acara Baksos Pengobatan Yayasan BPJ Peduli di Sungailiat, Bangka, Sabtu (10/3/2019).

Ternyata lanjut dia banyak yang suka dengan produk mereka, seperti pak Hudarni Rani Anggota DPD RI yang juga adalah mantan Gubernur Babel dan Yendri LIDA pun ikut memborong cemilan khas produksi UMKM asli Bangka.

Tokoh pemuda Babel yang kerap disapa BPJ itu sangat mendukung UMKM ekonomi mikro dan sebagainya, baik dari segi permodalan emang harus ada peran dari masyarakat.

Kemudian dalam baksos pengobatan ini diharapkan menjadi wahana promosi bagi produk UMKM di Bangka khususnya di Sungailiat, agar semakin dikenal dan laku dibeli masyarakat yang datang untuk berobat.

“Dengan demikian ekonomi kerakyatan akan muncul, dan bergerak. Tentunya, saling berbagi sehingga bisa memberikan manfaat bagi masyarakat,” beber Bambang Patijaya.

Mereka menjajakan produk hasil UMKM tepatnya di depan stand Baksos Yayasan BPJ Peduli. Tadi juga saya dapat laporan beberapa produk UMKM yang dijajakan di sini laku, sedikit demi sedikit terjual karena selain masyarakat yang berobat.

Sementara Ketua Forum Komunikasi Pemuda Bangka Maju Sejahtera (Forkoda Bamasa) Rizky Dwi Septianto, mengaku senang dan bersyukur bisa berkontribusi dalam kegiatan Baksos Pengobatan yang digelar oleh Yayasan BPJ Peduli.

“Alhamdulillah kegiatan baksos ini bazar UMKM kita banyak yang laku. Selaku Ketua saya berterimakasih kepada Founder Yayasan BPJ Peduli pak Bambang yang sudah memfasilitasi temen-temen pelaku usaha mikro di Kabupaten Bangka, khususnya di Sungailiat dan sekitarnya,” ucap dia.

Menurutnya, dalam baksos kesehatan pengobatan Forkoda Bamasa diundang menjadi peserta. Pihaknya sangat mengapresiasi kepada pak Bambang Patijaya dan Yayasan BPJ Peduli khususnya yang ingin mengembangkan produk-produk daripada UMKM di Bangka.

Hasil UMKM yang disajikan antara lain produk-produk seperti rengginang, ampiang, keretek, dan masih banyak hasil-hasil usaha mikro lainnya. Semua produk tersebut murni hasil usaha ibu rumah tangga yang ada di Kota Sungailiat.

“Karena kenapa produk temen-temen pelaku UMKM ini, sangat dibutuhkan sekali dalam hal promosi baik dalam hal pemasaran. Untuk kualitas dan mutu bisa dikatakan baik, dan siap berdaya saing dengan produk yang sudah ada dipasaran,” papar Rizky.

Ia juga menjelaskan komunikasi adalah faktor utama dalam mencapai tujuan, begitu pula dalam hal pemasaran hasil usaha produksi.

“Alhamdulilah kegiatan bazar usaha mikro Bangka di Sungailiat berjalan lancar dan mendapat antusias tinggi dari konsumen. Tak luput apresiasi setinggi-tingginya kepada Yayasan BPJ Peduli yang telah memfasilitasi bazar ini. Semoga ke depan UMKM di Kabupaten Bangka berkembang dan maju,” tandas Rizky bersemangat.(Tim/*)

About Isromi LASPELA

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish