Home / BANGKA BELITUNG / Imigrasi ke ATM Chip, BSB Toboali Buka Pelayanan Extra

Imigrasi ke ATM Chip, BSB Toboali Buka Pelayanan Extra

Oleh : Nopranda Putra

TOBOALI, LASPELA – Bank Sumsel Babel (BSB) telah melakukan migrasi kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM) ke ATM sistem chip berlogo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN). Hal ini untuk keamanan data nasabah dan mendukung program pemerintah.

Kepala BSB Cabang Toboali, Widjanarko, kepada Beritabangka.com, Sabtu (2/3) siang, di Toboali, ketika dikonfirmasi via WhatsApp terkait hal ini membenarkannya.

“Memang ada penukaran ATM lama ke atm berchip untuk keamanan. ATM GPN memang program pemerintah,” ujar Widjanarko.

Selain itu, tambahnya, sistem ATM berlogo GPN ini sebagai wujud dukungan BSB terhadap kedaulatan sistem pembayaran nasional.

“Selain itu ATM berlogo GPN juga mendukung kedaulatan sistem pembayaran nasional,” katanya.

Menurutnya, penukaran kartu ATM tidak perlu dilakukan terburu buru. Meski begitu, untuk percepatan proses migrasi ini, pihak BSB buka hari sabtu dan minggu khusus penukaran kartu ATM tersebut.

“Kami berharap nasabah segera menukar ATM lama ke ATM GPN. Karena ini memang produk nasional dan demi keamanan data nasabah. Karena dengan chip tersebut maka akan terhindar dari tindakan skimming oleh orang yang berniat jahat,” ungkapnya.

Terkait adanya kasus tertelannya kartu ATM nasabah oleh mesin ATM, Ia menjelaskan bahwa hal itu bisa terjadi kalau ada kesalahan dalam pengetikan PIN atau kartu lama tersebut sudah habis masa berlakunya atau expired.

“Ooo.. itu biasanya kalau ada salah PIN pak pasti tertelan. Atau masa berlaku kartu lama tersebut telah expired,” kata eko menambahkan.

Meski demikian, jika terjadi kasus seperti itu, dirinya memastikan keamanan dana nasabah. Pihak nasabah bisa langsung melapor ke customer service dan rekening dalam posisi aman karena sudah terblokir otomatis untuk kemamanan.

“Aman pak… tinggal lapor ke customer service saja dan rekening posisi aman karena sudah diblokir otomatis untuk keamanan,” cetusnya.

Lebih jauh Widjanarko menjelaskan manfaat yang dapat diperoleh masyarakat dengan menggunakan kartu debit GPN:

1. Masyarakat dapat mengunakan kartu ATM atau debit berlogo GPN untuk melakukan transaksi di semua kanal pembayaran di seluruh Indonesia.

2. Masyarakat dapat bertransaksi dengan aman dan nyaman karena kartu ATM atau debit GPN telah dilengkapi dengan fitur keamanan yang terstandarisasi serta seluruh proses dilakukan di dalam negeri melalui jaringan domestik.

3. Masyarakat tidak dikenakan biaya oleh merchant dikarenakan penetapan Merchant Discount Rate (MDR).

4. Masyarakat tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar karena seluruh kanal pembayaran sudah saling terkoneksi (interkoneksi) dan saling dapat diwujudkan (interoperabilitas).

5. Biaya administrasi yang lebih murah karena seluruh pemrosesan dilakukan di domestik sehingga lebih efisien.

“Bank Sumsel Babel (BSB) tetap melayani penggantian kartu debit atau ATM pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 2 dan 3 Maret 2019 sesuai jam operasional kantor,” pungkas Widjanarko.

About putralaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish