Home / BANGKA BELITUNG / Basel Commad Center Belum Diresmikan, Ini Penyebabnya

Basel Commad Center Belum Diresmikan, Ini Penyebabnya

Oleh : Nopranda Putra

TOBOALI, LASPELA – Terkendalanya masalah Sumber Daya Manusia (SDM) khusunya di bidang Teknologi informasi (IT) menjadi penyebab belum diresmikannya gedung Basel Commad Center yang berada di Kompleks Perkantoran Terpadu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Selatan (Basel).

“Itukan mulai dibangun tahun 2017 lalu tahun 2018 kita lengkapi. Kita kekurangan personal yang personil kita tenaga teknisnya ada 2 ASN dan 1 honor yang membidanginya.Kalau fasilitas sudah kita siapkan,”ujar Kepala Diskominfo Kabupaten Basel, Achmad Ansori kepada wartawan, Kamis (28/2).

Menurutnya, masih banyak sarana dan prasarana yang masih belum siap dan diperkirakan akan mulai beroperasi pada tahun 2020 mendatang.

Diantaranya, seperti dibutuhkannya FO (fiber optic) terutama di kompleks Pemkab Basel yang belum ada FO karena kalau memakai antena rentan petir.

“Kalau memakai antena rawan petir jadi harus memakai fiber optik. Saat ini yang sudah ada didalam gedung server, televisi juga sudah ada.Tinggal kontenya yang belum terisi, harusnya seluruh aplikasi online kan sistem – sistemnya harus masuk semua disitu tapi karna belum semua. Intinya belum memungkinkan untuk digunakan,” paparnya.

“Kalau pun tahun ini targetnya dengan konten yang ada minimal satu atau dua SKPD sudah bisa berjalan,” ucap Ansori.

Untuk diiketahui, pembangunan Gedung Basel Command Center sebesar Rp. 3 miliar menggunakan APBD tahun anggaran 2017 dan selesai pada pertengahan tahun 2018 lalu.

About putralaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish