Home / BANGKA BELITUNG / Sekda Babel Minta Seluruh OPD di Pemprov Babel Tingkatkan Realisasi PAD

Sekda Babel Minta Seluruh OPD di Pemprov Babel Tingkatkan Realisasi PAD

Oleh : Wina Destika

PANGKALPINANG, LASPELA – Dalam rangka mengoptimalkan pendapatan daerah dan target penerimaan retribusi daerah, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menggelar Rapat Optimalisasi Pendapatan Retribusi Daerah tahun 2019 dan Target Pemerimaan Retribusi Daerah tahun 2020.

Rapat yang dilaksanakan di ruang Tanjung Pesona Lantai I Kantor Gubernur Babel, Kamis (14/2/2019) siang, dihadiri Kepala Bakuda Babel Fery Apriyanto dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Babel, dan dibuka Gubernur Babel, Erzaldi Rosman, diwakili Sekertaris Daerah (Sekda) Babel, Yan Megawandi.

Dalam arahannya, Yan Megawandi meminta seluruh OPD di lingkup Pemprov Babel untuk lebih meningkatkan realisasi dan target PAD.

“Upaya apa saja yang dilakukan OPD untuk mencapai target agar lebih baik lagi. Tingkatkan lagi targetnya,” pinta Yan.

Yan menyampaikan, salah satu OPD dimaksud untuk meningkatkan target PAD adalah Dinas Kesehatan Babel. “Saya minta pendapatan dari Dinas Kesehatan dari 500 juta rupiah lebih ditingkatkan lagi. Caranya promosikan lah kesehatan, dan sebentar lagi ada Rumah Sakit Bhayangkara Babel dan clinik kesehatan yang akan ada, itu bisa meningkatkan PAD,” kata Yan.

Selain itu, kata Yan Megawandi sama halnya dengan Dinas ESDM Babel, agar dapat meningkatan realisasi target PAD-nya. “Kesulitan untuk meningkatkan PAD di ESDM, kita akan carikan solusinya,” tegasnya.

Bukan itu saja, Yan menyebutkan bahwa target BKPSDM Babel juga menjadi sorotan. Pasalnya, PAD retribusi pelayanan pendidikan di tahun 2020 menurun.

“Pola Pendidikan dan Pelatihan dirubah, misalnya melibatkan kabupaten dan kota. Kalau perlu pihak swasta dilibatkan. Banyak peluang untuk meningkatkannya. Jika kesulitan Widya Iswara (WI) bisa ditambah,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bakuda Babel, Fery Insani mengatakan, Peraturan Daerah mengenai pajak retribusi sudah ada, sebagai payung hukum pemungutan pajak tersebut. Oleh karena itu, tinggal melaksanakannya saja.

“Payung hukum melaksanakan peningkatan target PAD sudah ada, laksanakan saja,” tegas Fery Apriyanto. (*/Wa)

About Isromi LASPELA

x
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish