Home / BANGKA BELITUNG / Suharto : Babel Akan Jadi Tuan Rumah Pada Kejurnas PPLP

Suharto : Babel Akan Jadi Tuan Rumah Pada Kejurnas PPLP

Oleh : Wina Destika

PANGKALPINANG, LASPELA – Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kembali menjadi tuan rumah parhelatan nasional tahun 2019.

“Dalam waktu dekat ini kita siap menggelar 2 kejurnas PPLP pada April mendatang dan Kejurnas Wushu di Juli nanti,” kata Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga, Suharto kepada negerilaskarpelangi.com saat ditemui di ruangan kerjanya, Jumat (8/02/2019) kemarin

Suharto menyampaikan Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung siap menggelar dua Kejuaraan Nasional (KEJURNAS), untuk meningkatkan prestasi olahraga di daerah itu.

“Untuk dua Kejurnas Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) yang akan digelar yakni cabang olahraga (cabor) atletik di Bangka Tengah dan volly pasir di Belitung yang akan dihadiri oleh ribuan atlet PPLP se-Indonesia,” ujarnya.

Lebih lanjut, Suharto menjelaskan sebagai persiapan sesuai arahan Gubernur Babel, Erzaldi Rosman akan dibangun fasilitas olahraga standar nasional yang akan digunakan untuk venue kejurnas atletik.

“Untuk atletik sengaja di Bangka tengah dan Volly pasir di Belitung karena disana venue (lokasi) sudah diverifikasi dan memenuhi standar untuk pelaksanaan kejurnas,” ungkapnya.

Sementara, Suharto menyebutkan untuk kejurnas voli pantai diupayakan mendapat antusiasme penonton di Belitung. Kedepan, kegiatan ini juga diharapkan dilakukan bergilir di kabupaten-kabupaten lainnya.

“Kesiapan atlet kita juga sedang dibahas. Untuk voli, kita akan kirim atlet PPLP dan kita usaha gabung dengan atlet dari PPLPD,” tutur Suharto.

Ia mengungkapkan, untuk persiapan atlet PPLP dari Babel juga ada 19 atlet yang akan mengikuti kejurnas tersebut, dimana beberapa atlet sudah menoreh prestasi hingga ke tingkat provinsi bahkan tingkat Asia.

“Para atlet yang kita kirim dari PPLP ada pelajar SMP dan SMA. Di cabor atletik ada Ahmad Hambali Syukur, atlet yang sudah meraih prestasi hingga ke tingkat Asia untuk cabor atletik lompat jauh juara 1 dan juara 2 di lompat junkit,” cetus Suharto.

Suharto menambahkan, selain 2 kejurnas PPLP, Babel juga siap menggelar Kejurnas Wushu untuk pra Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua. Dalam kejurnas ini ribuan atlet se-Indonesia akan turut bertanding.

“Kejurnas Wushu ini untuk seleksi Pra PON di Papua. Seluruh atlet wushu akan ikut bertanding, karena ini salah satu syarat ikut PON. Kita bersyukur sebagai tuan rumah karena ribuan atlet akan hadir disini. Lokasi kita di GOR Sahabuddin yang sudah diverifikasi layak oleh Kementrian,” tutupnya. (Wa)

About Isromi LASPELA

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish