Ibnu Saleh Targetkan 2019 Bateng Swasembada Holtikultura Bawang Merah

Oleh : Herdian Farid Effendi

Simpang Katis, Laspela – Bupati Bangka Tengah (Bateng) Dr Ir H Ibnu Saleh MM bersama Camat Simpang Katis, Kepala OPD, Kapolsek, Kelompok Tani Berkah Abadi dan seluruh tamu undangan melakukan panen bawang merah di Desa Celuak. Rabu,(30/01/2019).

Dalam kesempatan tersebut Ibnu Saleh menyampaikan pada tahun ini (2019) kita akan swasembada bawang merah dimana sudah 26 desa yang petaninya panen bawang merah.

“Target saya tahun ini Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) akan swasembada holtikultura bawang merah dimana kita akan menjadi lumbung produksi bawang merah,”ungkapnya.

Ibnu menambahkan 10 tahun yang lalu Desa Celuak banyak masyarakatnya cenderung ber TI namun hari ini mereka berhasil membuktikan bisa lepas dari ketergantungan kepada timah.

“Pada tahun 2018 Bangka Tengah sudah memproduksi 86,4% bawang dan untuk tahun ini akan terus meningkat apalagi saat ini bantuan dari pemerintah pusat maupun provinsi terus bertambah untuk Kabupaten Bateng,”tukasnya

Ibnu berharap dengan swasembada bawang banyak masyarakat yang meningkat kesejahteraannya.

“Kita akan selalu support kepada seluruh kelompok tani untuk meningkatkan produktivitas bawang merah dan saya ucapkan selamat kepada kelompok tani Berkah Abadi karena sudah berhasil membuat lahan eks tambang timah menjadi tempat yang berproduktif dalam menghasilkan bawang merah, hal ini menjadikan contoh untuk desa lainnya, dengan lahan eks tambang lahan bisa dimanfaatkan dan bisa menghasilkan uang apabila diolah dan dikelola dengan baik,”tandasnya (hfe)