Home / BANGKA BELITUNG / Thomas Jusman : Nilai Investasi KEK PTS Mencapai Rp5,3 Triliun untuk Pembangunan 20 Tahun

Thomas Jusman : Nilai Investasi KEK PTS Mencapai Rp5,3 Triliun untuk Pembangunan 20 Tahun

Oleh : Wina Destika

PANGKALPINANG, LASPELA – Direktur PT Pantai Timur Sungailiat (PTS) Thomas Jusman menyatakan untuk nilai investasi yang dibutuhkan pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata di Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencapai Rp5,3 triliun.

“Rp4,6-Rp4,8 triliun untuk pembangunan 20 tahun berjalan, tapi diluar infrastruktur sekitar 600 miliar, jadi total yang dibutuhkan sekitar Rp5,3 triliun,” kata Thomas kepada wartawan usai menghadiri rapat pembahasan perjanjian antara PT Timah Tbk dengan PT Timur Sungailiat dalam mendukung KEK Pariwisata, di ruang rapat Bappppeda Babel, Selasa (22/01/2019).

Thomas menyampaikan adapun luas KEK Sungailiat Bangka mencapai 273 hektar dan 18 hektar ini bersinggungan.

“Luasan Wilayah yang telah disetujui 273 hektar yang jadi wilayah bersama 18 hektar di dalam kawasan izin lokasi KEK 600 hektare. Disepakati normatif, untuk penambangan 3 tahun kalau bisa dua tahun lebih cepat dengan teknologi ramah lingkungan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Thomas menuturkan untuk total investasi pembangunan infrastruktur seperti hotel, resort dan lainnya di atas lahan seluas 273 hektare KEK Pariwisata Bangka mencapai Rp5,3 triliun dan ini tentu akan mempercepat pembangunan sektor pariwisata dan ekonomi masyarakat di daerah ini.

“Investasi di luar pembangunan infrastruktur dibutuhkan Rp600 miliar dan ini dalam jangka waktu 20 tahun,” jelasnya.

Thomas menjelaskan KEK Pantai Timur Sungailiat, mengusung tema integrated coastal entertainment destination, akomodasi (hotel, resort, dan glamping, homestay).

Selain itu entertainment (old town garden, hillcrest park, theme park, water park, wetland park), commercial (mice, mall, lifestyle beach, festival beach, arts, crafts market, boardwalk dan marina, commercial center), serta kawasan residential.

“Jadi bagaimana turis akan menikmati panjang pantai 9 km itu dengan experience yang berbeda-beda. Kita disitu ada terima, agri cultur, agri tourism, wisata bahari, sport tourism ada golf internasional, juga jadi tempat bagi ajang internasional seperti triathlon, sepeda, dan lain-lain,” tutupnya. (Wa)

About winalaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish