Home / BANGKA BELITUNG / Compreng Cahaya Laut Tenggelam di Perairan Laut Toboali

Compreng Cahaya Laut Tenggelam di Perairan Laut Toboali

Oleh : Nopraanda Putra

TOBOALI, LASPELA – Insiden kapal tenggelam di perairan laut Toboali, Bangka Selatan (Basel) kembali terjadi.

Kapal milik Johan warga Pangkalbalam, Pangkalpinang KM. Cahaya Laut yang merupakan kapal tangkap ikan Compreng dilaporkan tenggelam di Selat Bangka, tepatnya Pulau Dapor, Toboali pada Jumat (21/12) sekira pukul 22.00 wib.

Mendapat informasi tersebut, Danposmat TNI AL Toboali berkoordinasi dengan Polair Polres Basel dan Basarnas Basel dan mengecek kebenaran info tersebut dengan mendatangi nelayan Sukadamai Nurdin dan Jufri.

“Keterangan tersebut diperoleh keterangan bahwa KM. Cahaya Laut milik Johan warga Pangkal Balam sekira pukul 08.00 Wib tenggelam disekitar Pulau Dapor dengan jumlah anak buah kapal (ABK) 11 orang,” kata Danposmat TNI AL Toboali, Lettu (L) Syamsudin, Sabtu (22/12).

Saat ini, lanjutnya tim pencarian menyelamatkan 6 orang ABK oleh nelayan dari Sukadamai Rudi.

“Hasil keterangan dari Rudi, ia berangkat melaut dari Sukadamai pada hari Jumat tanggal 21 Desember 2018 sekitar pukul 14.00 Wib. Sekitar pukul 17.30 Wib, sampai diseputaran Pulau Dapor pada jarak 5 mil dari Pulau Dapor Toboali menyelamatkan 6 orang yang merupakan ABK KM. Cahaya Laut dan dibawa ke perahunya,” tukasnya.

Akan tetapi, karena cuaca buruk, katanya Rudi tidak memungkinkan untuk berlayar ke Sukadamai, sehingga kapal milik nelayan Rudi berteduh di sekitar Pulau Dapor arah Sukadamai untuk lego jangkar.

“Rencana pagi ini (Sabtu,red) baru merapat ke Sukadamai atau Pelabuhan Bom Pendek Toboali,” jelasnya.

About putralaspela

x
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: