Home / BANGKA BELITUNG / Berikan Kuliah Umum, Suhadi Paparkan 3 Potensi Dimiliki Basel

Berikan Kuliah Umum, Suhadi Paparkan 3 Potensi Dimiliki Basel

Oleh : Nopraanda Putra

PALEMBANG, LASPELA – Pada kuliah umum di Fakultas Pertanian, Universitas Sriwijaya (Unsri) Palembang, Jumat (30/11) Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan kabupaten Bangka Selatan (Basel), Suhadi memaparkan beberapa potensi sumber daya alam di Basel.

Terdapat puluhan mahasiswa/i fakultas pertanian menyimak paparan dengan antusias dan konsen yang disajikan drh. Suhadi didampingi Kabid Perikanan Abdul Haq.

Dalam kesempatan itu, Suhadi memaparkan beberapa potensi sumber daya alam yang ada di Negeri Junjung Besaoh itu.

“Lahan perkebunan dan pertanian di kabupaten Basel saat ini terdapat 360.000 hektar untuk wilayah Basel,” kata Suhadi kepada wartawan, Sabtu (1/12).

Ia juga menjelaskan, ada tiga potensi yang difokuskan Pemkab Basel melalui Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan dalam mengembangkan tingkat potensi di Basel.

“Ada tiga potensi yang kita kembangkan yakni SDA, SDM dan SDPembiayaan yang kita kolaborasikan jadi satu, sehingga menjadi suatu kemanfaatan ekonomi masyarakat dan pembangunan daerah,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Suhadi pengembangan pembangunan berbasis kawasan dibagi menjadi 4 kawasan, ada kawasan industri strategis (KIS), minapolitan dan agropolitan.

“Karena dominan pertanian khusus perkebunan, dan kita memiliki potensi cukup besar, karena basel ditetapkan sebagai lumbung pangan di Babel,” tukasnya.

Hal itu,ungkap Suhadi karena Basel memiliki potensi lahan agro seluas 14.000 hektar dan ini untuk pangan pertanian sawah.

“Dari 14.000 hektar, baru 9.000 hektar efektifnya dan masih luas juga banyak lahan yang belum termanfaatkan,” ungkapnya.

About putralaspela

x
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: