Home / BANGKA BELITUNG / Tingkatkan Peran Fungsi, Bupati Basel Minta RT/RW Jadi Agent Of Change

Tingkatkan Peran Fungsi, Bupati Basel Minta RT/RW Jadi Agent Of Change

Oleh : Nopraanda Putra

TOBOALI, LASPELA – Garda terdepan dalam pelayanan publik bagi masyarakat baik dalam lingkungan kelurahan maupun desa ialah pengurus rukun tetangga (RT) dan pengurus rukun warga (RW).

Pada acara Silahturahmi Bersama Pengurus Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) kelurahan se Bangka Selatan (Basel), Rabu (24/10) di Balai Daerah Pemkab Basel.

Bupati Basel Drs. H. Justiar Noer menuturkan pelayanan publik bisa diartikan sebagai pemberian layanan atau melayani keperluan masyarakat yang membutuhkan layanan dari Pemerintah sesuai dengan aturan dan tata cara yang ditetapkan.

“Pelayanan publik di masyarakat membutuhkan administrasi kependudukan, kesehatan, pendidikan. Dan pengurus RT dan RW yang menjadi ujung tombak bagi pelayanan, karena langsung bersentuhan dengan masyarakat,” tutur Bupati kepada seluruh RT dan RW se Basel yang bertema Pembinaan dan Peningkatan Peran serta Fungsi Rukun Tetangga dan Rukun Warga se Basel.

Lanjut Bupati, RT dan RW dapat menjadi tauladan dan panutan serta contoh yang baik dalam berperilaku dan sikap yang baik dalam melayani masyarakat sekitarnya.

“Dapat menjadi panutan dan contoh yang bisa dilakukan agar bisa merubah mindset serta perilaku yang baik dihadapan masyarakat,” katanya.

Oleh karena itu, ia berharap pengurus RT dan RW dapat menjadi sosok perubahan fudamental yang baik di tengah-tengah masyarakat, agar dapat memberikan multiefect positif bagi lingkungan sekitarnya.

“Saya berharap seluruh pengurus RT maupun RW bisa menjadi Agent of Change di lingkungan masing-masing tanpa menyampingkan tupoksi sebagai pelayanan urusan administrasi di lapangan,” harap Justiar.

Turut hadir dalam acara itu, Sekda Basel Suwandi, Staf Ahli Bupati Budi Prasetyo, ketua TP PKK Basel Ekawati Justiar dan ketua dan pengurus RT/RW se Kelurahan Basel.

About noprandaa

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish