Home / BANGKA BELITUNG / Peran Penting Sosialisasi LEM dalam Tingkatkan Kemajuan Daerah

Peran Penting Sosialisasi LEM dalam Tingkatkan Kemajuan Daerah

Oleh : Nopraanda Putra

TOBOALI, LASPELA – Wujud dari perhatian pemerintah terhadap pembangunan perdesaan terus meningkat setiap tahunnya, baik dukungan penyediaan input produksi, infrastruktur, bantuan teknis dan permodalan serta masyarakat.

Bentuk bantuan tersebut hampir dari semua Kementerian/Lembaga di tingkat pusat juga diberbagai OPD Provinsi maupun di Kabupaten.

Wakil Bupati Bangka Selatan H. Riza Herdavid mengatakan melalui Lembaga Ekonomi masyarakat (LEM) yang dibentuk dari, oleh dan untuk masyarakat desa dimana seluruh warga desa menghimpun kekuatan swadaya guna berdayakan potensi sumber daya yang tersedia dalam meningkatkan seluruh anggotanya.

“Dalam mendorong peningkatan kemajuan daerah dan masyarakat dengan membentuk dan menggerakkan Lembaga Ekonomi Masyarakat agar memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan di Kabupaten Bangka Selatan,” kata Riza disela acara Sosialisasi Lembaga Ekonomi Masyarakat (LEM) 2018, Kamis (25/10) di Balai Daerah Kabupaten Basel.

Ia juga menuturkan, adapun sektor-sektor yang dapat memainkan peran strategis dan juga andalan dari LEM dalam perekonomian juga struktur pembangunan yang hirarki yakni sektor perkebunan.

“Untuk pembentukan LEM di Bangka Selatan yaitu Desa Irat kecamatan Payung dan Desa Delas Kecamatan Air Gegas,” tuturnya.

Selain itu, lanjutnya LEM dapat memperekat persatuan dan kesatuan bagi seluruh warga desa dari berbagai latar belakang berbeda.

” LEM ini juga dapat menyatukan energi dari seluruh institusi yang melaksanakan kegiatan pembangunan di tingkat desa,” ujarnya.

Oleh karena itu, ia berharap bantuan dan dukungan dari pemerintah maupun swasta kepad desa dapat mampu memperkuat investasi swadaya yang telah terhimpun.

“Kita berharap potensi sumber daya desa harus dapat direncanakan, diorganisir dan didayagunakan untuk mensejahterakan seluruh warga desa setempat,” harapnya.

Dengan narasumber Sekdis Pertanian Provinsi Babel Zola Lina, Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian diwakili Ka. Sub Direktorat Tanaman Lada, Pala, Cengkeh Ir. Galih Surti Solihin, Fasilitator LEM dari Provinsi Sulteng La Mbito dan Salam Hidayatullah, Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Basel, Suhadi.

About noprandaa

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish