Erzaldi Rosman : Tahun 2020 Pemprov Babel akan Mengimplementasikan SIMDA Perencanaan E-planning

Oleh : Wina Destika

PANGKALPINANG, LASPELA – Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Bangka Belitung pada tahun 2020 akan mengimplementasikan SIMDA Perencanaan (E-planning).

“Karena saya akui Pemprov Babel terlambat dalam mengimplementasikan di 2019 karena kita merasa belum siap, namun 2019 terlambat bisa kita laksanakan, dimana kita akan migrasi yang sudah berjalan, sambil kita melakukan perencanaan 2020 yang akan kita mulai pada Januari 2019 mendatang,” kata Erzaldi dalam sambutannya menghadiri Kick Off Implementasi Simda Perencanaan (E-planning) pada Pemerintah Provinsi Babel di Lantai III Kantor Gubernur Babel, Rabu (10/10/2018).

Erzaldi menyebutkan untuk perencanaan 2019 yang saat ini masih dalam pembahasan di DPRD Babel yang mana harus dipindahkan ke sistem, sedangkan untuk perencanaan 2020 akan dimulai pada Januari 2019 mendatang, sehingga akan betul-betul menggunakan SIMDA Perencanaan mulai dari Musrenbang.

“Untuk itu 2019 harus kita migrasi guna untuk memandu kita bener enggak, sehinggga dalam penilaian akhir tahun enggak susah lagi tinggal enter yang diminta sudah tercover dan meringankan beban kita. Sehingga ketika kita mengikuti alur sistem perencanaan akan memudahkan kita juga melakukan kontrol,” ujarnya.

Sementara itu, Deputi Kepala Bidang Pengawasan Penyelanggaraan Keuangan Daerah Bdan Pangawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) RI, Gatot Darmasto mengatakan secara nasional SIMDA perencanaan sudah diimplementasikan di 194 instansi pemerintahan, sedangkan untuk SIMDA keuangan sudah diterapkan di 391 instansi pemerintahan dari 542 instansi.

“Untuk Babel sendiri sudah ada enam pemerintah daerah yang menggunakan SIMDA Keuangan, tiga diantaranya juga sudah menggunakan SIMDA perencanaan,” tuturnya.

Ia menyebutkan ini sudah diserahkan kepada pemerintah daerah secara gratis bahkan ini selalu dipelihara oleh BPKP.

“Tapi saya masih heran masih ada pemda yang mau bayar ke konsultan. Akan tetapi saya juga tidak lupa untuk ucapkam rada terimakasih kepada Pemprov Babel sudah mengkick off ini, sehingga diharapkan bisa diimplementasikan dengan baik dan mencapai sasaran,” terangnya.

Hadir dalam kegiatan ini Deputi Kepala Bidang Pengawasan Penyelanggaraan Keuangan Daerah Bdan Pangawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) RI, Gatot Darmasto, Gubernur Babel Erzaldi Rosman, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Babel Supendi, kepala BPKP Babel, Faisal, serta Forkompinda. (Wa)

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d blogger menyukai ini: