Festival Band Lagu Daerah HUT Muntok, Ajang Adu Kreatifitas

MUNTOK, LASPELA – Ada yang berbeda pada acara Festival Band dalam Festival Jiran Nusantara Hari Ulang Tahun kota Muntok ke – 284 tahun ini.

Kegiatan yang digelar sejak kemarin, Jum’at ( 7/9 ) dan dilanjutkan pada siang ini, Sabtu ( 8/9 ) mengharuskan para peserta membawakan lagu – lagu daerah Nusantara sebagai lagu wajib dengan genre dan aransemen bebas. Para peserta juga diwajibkan menggunakan kostum dan atribut daerah se – Nusantara.

Adu kreatifitas dalam aransemen dan kostum pun tidak terelakkan. Walaupun grup band peserta rata – rata masih memainkan musik rock, namun festival band kali ini sangat berbeda dengan festival – festival sebelumnya dimana para peserta hanya mengcover lagu – lagu dari band – band terkenal.

Penentuan lagu – lagu daerah se – Nusantara sebagai lagu wajib, menurut Nandar selaku Ketua Seksi Acara, sesuai dengan nama Festival Jiran Nusantara yang diusung dalam HUT kota Muntok.

” Kita ingin hari ulang tahun kota Muntok ini bukan hanya diramaikan masyarakat kota Muntok saja, tapi sesuai dengan namanya Jiran Nusantara, kalau bisa pesertanya juga dari luar daerah, mudah – mudahan kedepan pesertanya datang dari seluruh Indonesia,” jelas Nandar, Jum’at ( 7/9 ) di Lapangan Gelora Muntok.

Peserta kali ini pun kata Nandar, tidak hanya diikuti anak – anak band dari Muntok atau Bangka Barat saja, namun ada juga beberapa grup band yang datang dari Toboali, Koba dan Sungailiat.

20180907_144206

Kreatifitas dari 17 grup band peserta pun terlihat dari aransemen dan kostum yang dikenakan. Disamping lagu – lagu daerah Bangka Belitung seperti Yok Miak dan Serumpun Sebalai, lagu – lagu daerah dari luar Bangka Belitung pun seperti Yamko Rambe Yamko, Lancang Kuning dan lain – lain ditampilkan para peserta dengan berbagai macam aransemen yang kreatif.

Meskipun pada Jum’at malam ( 7/9 ) acara final terhenti karena hujan dan angin deras yang membuat panggung basah dan berantakan, namun final Festival Band tahun ini dapat berjalan lancar pada Sabtu siang ( 8/9 ).

Para pemenang Festival Band Jiran Nusantara HUT kota Muntok 284 tahun 2018, Juara Pertama The Lempah Kuning, Juara Kedua Tumenggong Band dan Juara Ketiga Aurora Band. Sedangkan untuk kostum terbaik diraih Fourther Band dari Sungailiat. ( SK )