Peran TIC Bagi Turis Di Bandara

Oleh Junianto Ade Sahputra

PANGKALPINANG, LASPELA – Keberadaan Tourism Information Center (TIC) di Bandara Depati Amir Pangkalpinang sangat membantu wisatawan. TIC memberikan informasi lengkap seputar Bangka Belitung.

Zahra Afifah, Petugas Informasi TIC, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengatakan TIC memberikan gambaran secara umum objek wisata populer di Bangka Belitung. Tak hanya itu, informasi lokasi restoran, even besar, biro perjalanan, dan informasi penting lainnya.

Keberadaan TIC, kata Zahra sudah sejak beroperasinya bandara depati amir sejak renovasi. Tak hanya disana, di Belitung juga tersedia TIC untuk wisatawan.

Dikutip dari haloindonesia.co.id peran TIC juga sangat bermanfaat bagi wisatawan domestik maupun internasional. Salah satunya wisatawan domestik, Rudi, mengaku keberadaan TIC sangat membantu. Sebagai wisatawan ini menjadi referensi yang berkunjung ke Bangka Belitung. Misalnya tranportasi, restoran, hotel, dan lain sebagainya.

Soetta saat ini sudah ada di Terminal 3 Kedatangan dan Domestik. TIC yang sudah berdiri secara fisik akan dikoneksikan dengan aplikasi Look Book Pay semacam Traveloka. TIC akan mengintegrasikan jaringan sosial media (Facebook, Twitter, Instagram) sebagai Pusat Informasi Wisatawan agar bisa segera diakses.

TIC saat ini selain berfungsi sebagai pusat informasi juga memiliki fungsi sebagai pengumpul data. Data sementara ini menunjukkan kunjungan TIC Pada 20 Juni-11 Oktober 2017, Terdapat 10.258 pengunjung dengan 10.307 pertanyaan. Rata rata kunjungan 140, domestik 90 dan internasional 60. Pertanyaan 28% mengenai flight, 21% transportasi, 21% fasilitas, 12% destinasi, 9% telekomunikasi, 7% Hospitality, dan 2% lain-lain.

Memanfaatkan momentum Asian Games, DeRegent sebagai pengelola TIC, akan membuka TIC khusus di bandara Sultan Mahmud Badaruddin 2 Palembang dan di Mall Sarinah. Selain itu, DeRegent juga berkomitmen untuk mengembangkan TIC di 10 bandara lain di Indonesia. (jun)

Share :

Baca Juga

BANGKA BELITUNG

Idul Adha 1439H, PT. Timah Tbk Salurkan 131 Sapi untuk Kurban

BANGKA BELITUNG

Rayakan HUT ke-55, Kadisdik Ingin SMPN 2 Jadi Pelopor Pendidikan

BANGKA BELITUNG

Buka Wisuda 123 Santri MDTA Tarbiyatul Mubtad’in, Ini Harapan Wakil Bupati Basel

BANGKA BELITUNG

Defisit Anggaran, Sejumlah Proyek Dinas PU Bangka Barat Dipangkas

BANGKA BELITUNG

Walikota Geram Dengan Ulah 2 ASN Ini, Molen : Jangan Ada Lagi ASN Keluar Daerah!

BANGKA BELITUNG

Anggaran TCOF Terbatas, Justiar Harap Aliran Dana dari Pemprov Babel dan Kemenpar RI

BANGKA BELITUNG

Rumah Roboh Dihantam Banjir di Desa Mentigi

BANGKA BELITUNG

Lantik DPAC se-Bateng, Partai Demokrat Yakin Menang di Pilkada
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d blogger menyukai ini: