Home / BANGKA BELITUNG / Gubernur Buka Secara Resmi Lomba B2SA dan Launching Sabuk Amang

Gubernur Buka Secara Resmi Lomba B2SA dan Launching Sabuk Amang

Oleh : Wina Destika

PANGKALPINANG, LASPELA – Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman membuka secara resmi acara lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) serta launching Gema Sayur, Buah, Umbi-umbian, Kacang-kacangan dan Ayam Merawang (Sabuk Amang) yang diselenggarakan oleh Dinas Pangan Babel di Restaurant Gale-Gale, Kamis (9/8/2018).

Erzaldi meminta kepada ibu-ibu PKK ini untuk mengaplikasikan menu makanan dalam lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) kehidupan sehari-hari.

“Dalam rangka Lomba Cipta Menu Beragam ini saya minta kepada ibu-ibu PKK betul-betul di implementasikan di kegiatan sehari-hari, mempromosikan dan memperkenalkan produk unggulan ini sebagai pengganti beras dalam rangka kita mengadakan ketahanan pangan di daerah kita,” ujarnya

Ia mengungkapkan dengan dikeluarkannya Peraturan Gubernur Nomor 30 Tahun 2018 tentang Gema Sabuk Amang ini dirinya menghimbau masyarakat untuk melaksanakan Gerakan Makan Sayur, Buah, Umbi-umbian, kacang-kacangan dan ayam merawang dalam kehidupan sehari – hari.

“Saya harap apa yang dilakukankan dalam rangka Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman ini, betul-betul diimplementasikan di kegiatan sehari – hari,” pesan Erzaldi.

Sementara, Kepala Dinas Pangan Babel, Ahmad Damiri mengatakan, ajang lomba menu B2SA ini merupakan agenda tahunan pemprov dalam rangka memperkenalkan dan mempromosikan makanan khas dari tiap-tiap daerah kabupaten/kota.

“Acara lomba ini merupakan agenda tetap tahunan pemprov yang melibatkan ibu-ibu PKK, hanya saja setiap tahunnya yang menjadi tuan rumah berbeda-beda,” katanya.

Disampaikan Damiri untuk tahun depan rencananya yang menjadi tuan rumah adalah Belitung Timur.

“Tentunya acara ini untuk memperkenalkan dan mempromosikan makanan khas masing-masing daerah,” ungkapnya.

Para pemenang lomba ini, nantinya akan mewakili Provinsi Babel pada lomba menu B2SA tingkat nasional.

“Untuk lomba cipta menu B2SA tingkat nasional tahun 2018 Babel akan diwakili oleh Kabupateb Bangka Barat,” terangnya.

Disisi lain Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian yang diwakili Kepala Pusat Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan Kementerian Pertanian RI, Tri Agustin Satriani, menyampaikan terima kasih atas dilaksanakannya kegiatan Lomba Cipta Menu B2SA serta Gelar Pangan dan Launching Gema Sabuk Amang yang dilaksanakan di Babel ini.

“Saya berikan apresiasu dan memberikan penghargaan kepada Pemprov Babel dan TP PKK Provinsi dan kabupaten/kota serta seluruh pihak terkait dimana partisipasi kita semua merupakan bukti tanggung jawab bersama untuk dalam mendukung dan mensukseskan percepatan penganekaragaman konsumsi pangan dalam upaya ketahanan pangan,” ujar Tri.

Tri Agustin menjelaskan bahwa untuk keragaman pangan merupakan salah satu langkah strategis dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas melalui makanan yang dikonsumsi dapat bervariasi.

Dalam acara ini turut hadir, Ketua PKK Babel, Melati Johan, Kepala Dinas Pangan Babel, Ahmad Damiri, Kepala Pusat Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan, Tri Agustin Satriani serta peserta lomba yang berasal dari tujuh kabupaten/kota Se-Babel. Serta dilanjutkan dengan pemukulan gong dan pemotongan nasi tumpeng. (Wa)

About Isromi LASPELA

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish