Home / BANGKA BELITUNG / Penutupan TMMD Berjalan Sukses, dan Diharapkan Kedepan dapat Terjalin Kerjasama yang Baik

Penutupan TMMD Berjalan Sukses, dan Diharapkan Kedepan dapat Terjalin Kerjasama yang Baik

Oleh : Wina Destika

PANGKALPINANG, LASPELA – Kodim 0413/Bangka melaksanakan penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 102 tahun 2018, di Desa Tanjung Pura, Kabupaten Bangka Tengah, Rabu (8/8/2018).

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) sekaligus Penanggung Jawab Operasional TMMD, Jenderal TNI Mulyono yang mana dalam hal ini disampaikan Danrem 045/Garuda Jaya Kolonel Inf. Dadang Arif Abdurahman pada saat memimpin upacara mengatakan tujuan dari TMMD ini ialah untuk mewujudkan kemanunggalan TNI dan rakyat.

“TMMD ini dilaksanakan tiga kali dalam setahun ini yang merupakan wahana untuk menggelorakan kembali semangat gotong royong, rasa cinta tanah air, wawasan kebangsaan serta ketahanan nasional guna menjaga keutuhan NKRI kepada masyarakat dan khususnya generasi milenial,” ujarnya.

Dadang menyampaikan titik fokus pembangunan potensi di pedesaan harus dikembangkan guna mewujudkan kemandirian berkelanjutan. Dengan mengusung tema “Manunggal Membangun Karakter Generasi Milenial”.

“Kegiatan TMMD TNI dengan menuju sasaran jalan dan pembuka jalan, pengerasan jalan, perbaikan rumah, rumah ibadah, MCK dan poskamling,” jelasnya.

“Sedangkan untuk sasaran non fisik dengan melaksanakan penyuluhan hukum, wawasan kebangsaan dan narkoba, penyuluhan kesehatan,” lanjut Dadang.

Ia menyebutkan adapun upaya yang telah dilaksanakan TNI ini dengan harapan agar dapat menjadi figur bagi masyarakat baik ekonomi dan perkembangan dunia modern.

“Tentu hal ini harus bisa menciptakan generasi milenial, dimana turut membantu kegiatan fisik atau non fisik dan menciptakan lapangan kerja baru secara optimal.

Selain itu, lanjut Dadang pelibatan TNI dalam program pemerintah pada dasarnya telah sesuai dengan amanat Undang-Undang TNI Nomor 34 Tahun 2004, “Khususnya tentang tugas TNI pada OMSP yakni memberdayakan wilayah pertahanan secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta dan membantu tugas pemerintah di daerah, khususnya dalam aspek pembangunan kualitas dan kesejahteraan masyarakat,” terang Dadang.

Sementara itu, Dandim 0413/ Bangka Letkol (Arm) Rizky Budhianto, menyampaikan rasa terima kasih atas kerja sama dan dukungan pemerintah daerah juga seluruh lapisan masyarakat sehingga TMMD kali ini berlangsung sukses dan lancar.

“Saya ucapkan terima kasih pemerintah daerah Kabupaten Bangka Tengah khususnya, Kapolres Bangka Tengah, dan pihak terkait yang telah mendukung dan mensupport kami sehingga TMMD ini berjalan sukses dan lancar. Sehingga ini sangat berguna dan manfaat bagi masyarakat khususnya di Bangka Tengah ini,” ujarnya.

Dalam hal ini dirinya berharap kedepan tetap terjalin kerjasama yang baik dan erat baik itu dengan Pemda, Polres, Kajari dan Kodim, Korem sendiri sehingga TNI bersama rakyat NKRI kuat.

Disisi lain Bupati Bangka Tengah, DR H Ibnu Saleh mengucapkan syukur atas suksesnya kegiatan TMMD serta peran aktif masyarakat Tanjung Pura dalam mendukung dan bekerjasama secara maksimal dengan anggota Satgas TMMD.

“Kegiatan TMMD di wilayah Kabupaten Bangka Tengah kali ini fokus pada pembukaan jalan penghubung dari desa terpencil untuk melancarkan akses ekonomi masyarakat dan dapat membantu kelancaran transportasi masyarakat Desa Tanjung Pura,” ujarnya.

Upacara penutupan disertai dengan penyerahan hasil pekerjaan TMMD ke 102 tahun 2018 oleh Dandim 0413/ Bangka kepada Bupati Bangka Tengah, penyerahan sembako kepada masyarakat secara simbolis, display drumband SMA 1 Namang, pertunjukan reog Ponorogo, bhakti sosial pelayanan terpadu dan pameran dagang produk UMKM, pembagian doorprize, Peninjauan poskan lingkungan, pembukaan jalan (titik nol), pembuatan lapangan voli, RTLH. Selain itu kegiatan juga disertai penyerahan bantuan hibah Sapras Perikanan oleh Bupati Ibnu Saleh kepada Pokdakan dan KUB Nelayan Tanjungpura. (Wa)

About Isromi LASPELA

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish