Asyiknya Menteri Susi Main Kayak Di Laut Belitung

Oleh Junianto Ade Sahputra

TANJUNGPANDAN, LASPELA – Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti ikut beraksi pada even Internasional Kayak Marathon 2018 di Pantai Tanjung Kelayang Kecamatan Sijuk Kabupaten Belitung, Jumat (27/7/2018) lalu.

Aksi beliau menjadi perhatian masyarakat yang hadir di lokasi. Sebelum mencoba Kayak menteri yang terkenal dengan jargon “tenggelamkan” sempat mengajak awak media dan masyarakat ikut mencoba olahraga air ini.

Ibu Susi diketahui sangat mahir di olahraga yang populer di luar negeri. Kehadiran Susi Pudjiastuti diharapkan menjadi olahraga kayak populer. Ia ditemani Bupati Belitung Sahani Saleh mengintari air di sekitar Pantai Tanjung Kelayang.

Ketua Panitia Pelaksana, Ade Astari mengungkapkan even ini untuk mempopulerkan kayak di Belitung. Laut Belitung paling cocok dan paling aman. Konstur pantai yang landai membuat para atlit nyaman, otomatis tidak akan ada ombak besar.

“Sebelum kita lakukan ini kita survey dulu, dan benar laut Belitung landai hingga jauh sehingga ombaknya tidak besar,” ujarnya.

Disisi lain olahraga ini menyenangkan karena tidak butuh air yang dalam. Cukup dengan 30 cm saja sudah bisa jalan disela-sela bebatuan di pantai. Sayangnya olahraga ini belum populer. Namun ia meyakini kedepan akan populer.

“Dulu orang kalau diajak main sepeda gunung pada gak mau, sekarang walaupun tenggolong mahal bagi sebagian orang sepeda gunung nyatanya populer,” tukasnya.

Bupati Belitung Sahani Saleh mengatakan Belitung memiliki banyak keunggulan disektor kelautan. Dari hasil alam hampir semua jenis ikan ada di Belitung. Pada bulan-bulan tertentu Belitung menjadi lahan basah panen ikan tenggiri. Ditambah lagi semua jenis karang di Belitung begitu eksotik memanjakan saat snorkling.

Pria yang akrab disapa Sanem ini melanjutkan bahwa Belitung fokus kepada program kelautan dan perikanan serta pariwisata. Ini adalah sektor unggulan prioritas Kabupaten Belitung. (jun)