Home / BANGKA BELITUNG / Metua, Durian Terbaik dalam Kontes Durian Tumbak Petar

Metua, Durian Terbaik dalam Kontes Durian Tumbak Petar

JEBUS, LASPELA – Desa Tumbak Petar Kecamatan Jebus diramaikan dengan Kontes Buah Durian yang digagas Bhabinkamtibmas bersama masyarakat yang digelar di Balai Desa Tumbak Petar, Sabtu ( 21/72018 ) pagi.

Kontes buah durian ini mengundang perhatian Bupati Bangka Barat, H. Parhan Ali yang menyempatkan hadir dan ikut menyumbangkan hadiah. Hadir pula Camat Jebus, M. Herli dan segenap awak media.

Tiga orang juri merupakan pemilik kebun durian unggul dan pakar durian dari kota Muntok. Ketiga juri tersebut, Dedi, Hendra Kurniady yang juga Ketua DPRD Bangka Barat dan Ulis, pengusaha dan penyumbang hadiah berupa bibit durian unggul kepada para pemenang.

Sebanyak 52 jenis durian dalam kontes ini dinilai Tim Juri berdasarkan kriteria ketebalan daging buah, tekstur, warna, cita rasa, aroma dan bentuk buah.

20180721_124938.jpg

Setelah melakukan penilaian, Tim Juri memilih tiga jenis durian yang keluar sebagai pemenang kontes, yakni durian jenis Metua sebagai Juara Pertama, durian Bandar sebagai Juara Kedua dan durian Si Kuning sebagai Juara Ketiga. Durian Metua dan Bandar milik Harun, warga Desa Kedondong. Sedangkan durian Si Kuning milik Soaldi, warga Dusun Tumbek.

Menurut Bhabinkamtibmas Desa Tumbak Petar, Brigadir Juwan, ide kontes ini muncul secara dadakan setelah melihat potensi banyaknya buah yang ada di desa – desa di Kecamatan Jebus. Buah durian yang disajikan untuk disantap bersama pun merupakan swadaya masyarakat.

” Jadi kontes durian ini bukan semata – mata kontes durian, kami kemarin ketika melihat potensi disini banyak pohon buah, disini kan duren dari Jebus, duku dari Jebus, nah disini kita adakan kontes durian secara dadakan,” ujar Juwan.

Sedangkan Hendra Kurniady mewakili Tim Juri mengatakan, durian yang keluar sebagai pemenang akan dibuktikan keunggulannya dengan cara ditanam diberbagai tempat. Jika hasilnya bagus, durian tersebut layak diusulkan menjadi durian unggul nasional.

” Tinggal nanti pemenang dibuktikan, kalau ditanam di Tumbak Petar bagus, di Bangka Tengah bagus, diluar Pulau Bangka juga bagus, artinya durian itu layak untuk diusulkan menjadi durian unggul nasional kedepan nantinya. Nah ini tugas Dinas Pertanian untuk membantu masyarakat kita,” ungkap Hendra.

Dilain pihak, Bupati Bangka Barat H. Parhan Ali, lebih cenderung melihat kegiatan ini sebagai potensi wisata buah yang dapat dikembangkan.

” Kami dari Pemkab Bangka Barat mendukung sekali acara ini, dan mudah – mudahan kita bisa mendatangkan orang luar dan bisa melihat wisata buah di Desa Tumbak Petar ini. Luar biasa durian – durian yang tampil disini. Mudah – mudahan ini potensi yang bisa kita kembangkan,” ujar Parhan. ( SK )

About chamcie24

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish