Home / HEADLINE / 28 Juli Ini Gerhana Bulan Total (GBT)

28 Juli Ini Gerhana Bulan Total (GBT)

* Berlangsung Lama 103 menit

PANGKALPINANG,LASPELA– Fenomena Gerhana Bulan Total (GBT) di ketahui akan terjadi pada 28 Juli 2018 mendatang, dan merupakan GBT terlama pada abad ini, hal ini di ungkapkan Kurniaji selaku Kepala Seksi dan Informasi stasiun metreologi kelas I di Badan Metreologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pangkalpinang.

“GBT yang di perkirakaan akan terjadi pada 28 juli mendatang merupakan gerhana terlama pada abad ini yang berlangsung sekitar 103 menit, dan dapat di amati di seluruh wilayah indonesia,” Ungkapnya saat di temui media Laspela, di kantornya. Jumat (20/7/2018).

Ia melanjutkan, terdapat 5 fase terjadinya GBT, dengan puncak gerhana terjadi pada pukul 03.22 WIB. “Yang pertama ialah gerhana mulai yang di perkirakan akan berlangsung pada pukul 00.13 WIB, yang keduan fase gerhana sebagian pada pukul 01.24 WIB, Lanjut gerhana total terjadi pada pukul 02.30 WIB, dan puncaknya pada pukul 03.22 WIB, terus kembali meluruh dan berangsur normal pada 06.30 WIB ,” jelasnya.

Fenomena ini juga akan dapat dinikmati masyarakat Bangka Belitung karena BMKG memprediksikan pada hari itu, cuaca cerah dan tak berpotensi hujan.

“Untuk kondisi cuaca jelang GBT pun cukup kondusif, kering dan panas karena memang kita telah memasuki musim kemarau, potensi terjadinya hujan lokal pun sudah semakin sedikit, sehingga masyarakat mungkin bisa untuk menikmati gerhana tersebut dengan baik,” imbuhnya. (DND)

About kirafadewa86

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish