Home / BANGKA BELITUNG / Bumbu Rempah dan Terasi Pilihan Utama di Resto Lesehan Green

Bumbu Rempah dan Terasi Pilihan Utama di Resto Lesehan Green

Oleh : Nopranda Putra

*Mangut Pari dan Jantung Pisang Menjadi Langganan Penikmat Kuliner

TOBOALI, LASPELA – Toboali merupakan ibukota kabupaten Bangka Selatan, yang telah berdiri 15 tahun yang lalu. Toboali sebagai daerah penghasil terasi/belacan nomor satu dan juga nanas bikangnya yang sudah melanglang buana di penjuru daerah, bahkan sampai ke luar negeri.

Kota Toboali juga dikenal tak hanya dari segi objek wisatanya saja, tetapi juga dikenal sebagai wisata kulinernya juga.

Wisatawan yang berkunjung ke negeri junjung besaoh tidak “sah” apabila tidak mencicipi makanan khas kota Toboali. Salah satu penyaji makanan khas Toboali yang sudah familiar dilidah para kuliner yakni rumah makan Lesehan Green yang beralamat di jalan Angsana, Toboali.

Berkonsep lesehan yang asri, Lesehan Green mengusung masakan tradisioanal khas Bangka Selatan, salah satunya kuliner yang pas dilidah kuliner yakni masakan mangut ikan pari dan tumis jantung pisang.

Pemilik Lesehan Green, Suhardi Joy mengatakan racikan bumbu masakan mangut ikan pari adalah salah satu rekomended di Lesehan Green dan diyakini berbeda dengan bumbu mangut ikan pari ditempat lainnya.

“Di lesehan green Toboali mangut ikan pari sangat berbeda dengan mangut di kota lain, terlebih dari kualitas bumbu yang menggunakan terasi nomor satu di Toboali yang alami dan terkenal di saentro dunia,” kata Hardi Joy yang juga sapaan akrabnya kepada wartawan, Jumat (6/7).

Ditambahkannya, dasar rasa masakan mangut pari yakni khas dengan kental, pedas, gurih dan sedikit asam sehingga menambah nafsu makan para pengunjung di Lesehan Green tersebut.

“Begitu juga dengan tumis jantung pisang ala lesehan green toboali sangat beda kualitas rasanya dibanding yang lain, disini kita menggunakan jantung pisang pilihan yg empuk dan bumbu dengan dasar terasi asli toboali dan rempah-rempah yang masih segar, sehingga menghasilkan rasa yang luar biasa,” ujar Hardi Joy yang juga pengusaha muda Basel ini.

Salah satu pelaku wisatawan kuliner asal Bandung, Jolly Rahayugo menuturkan, rasa masakan di Lesehan Green Toboali, terasa nikmat dan gurih karena dipadukan dengan rasa terasi yang luar biasa enak serta disajikan dengan tempat yang alami. “Saya sudah keliling indonesia untuk mersakan wisata kuliner, tapi kalo masalah lempah mangut ikan pari dan tumis jantung pisang Lesehan Green Toboali juaranya, ditambah dengan minuman spesial khas Bangka Selatan yaitu jus nanas Desa Bikang yang legit dan manis alami,” tutur Jolly.

“Alhamdulillah kita bangga Lesehan Green, tetap menjadi ikon kuliner tradisional Bangka Selatan bagi pengunjung dan wisatawan yang datang ke Toboali,” tukas Hardi joy.

About noprandaa

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: