Home / BANGKA BELITUNG / Jelang TCOF Season III, Justiar Dukung Anak Negeri Junjung Besaoh Tingkatkan Karya Seni Daerah

Jelang TCOF Season III, Justiar Dukung Anak Negeri Junjung Besaoh Tingkatkan Karya Seni Daerah

Oleh : Nopranda Putra

TOBOALI, LASPELA – Guna menjaga kelestarian dan eksistensi kebudayaan di Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Pemerintah Kabupaten Basel menggelarkan Festival budaya daerah junjung besaoh, Kamis (5/7) di Gedung Nasional, Kecamatan Toboali.

Dikatakan Bupati Basel Drs. H. Justiar Noer kegiatan acara budaya daerah ini merupakan ajang unjuk gigi putra-putri daerah Basel untuk menampilkan skill dan kemampuan dalam meningkatkan kreativitas serta karya seni asal Negeri Junjung Besaoh.

“Festival budaya daerah yang diberi nama Festival Junjung Besaoh 2018 ini merupakan ajang untuk menguji kreativitas dan kemampuan karya budayawan dan pelaku seni di Bangka Selatan,” kata Justiar Noer ketika membuka festival Seni Budaya Daerah.

Disampaikan Justiar, festival daerah Junjung Besaoh ini merupakan wahana apresiasi para seniman, budayawan dan pelaku seni yang terangkum dalam berbagai kegiatan lomba-lomba, baik yang bersifat tradisional maupun yang dikemas dalam tampilan kreasi kontemporer.

“Saya berharap momentum ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh pelaku seni dan budayawan untuk menampilkan karya kesenian kreatif yang berkualitas agar dapat mengembangkan pembangunan ekonomi dan kebanggaan akan identitas daerah secara luas baik di tingkat lokal, nasional, regional bahkan sampai ke kancah internasional,” ungkapnya.

Dalam gelaran festival Junjong Besaoh, para pelaku seniman menampilkan berbagai macam lomba kesenian tradisional, seperti lomba rebana, dambus, tari campak dan rudat secara berurutan. “Saya berharap kebudayaan daerah seperti ini harus terus ditampilkan agar dapat dikenal masyarakat sehingga terus lestari,” ujarnya.

Justiar Noer menyebutkan Bangka Selatan tidak bisa hanya terus-menerus mengandalkan kekayaan alam di Bumi Junjung Besaoh. Untuk itu sudah saatnya pemerintah daerah mengembangkan dan menggali potensi-potensi lain yang tak usang dimakan waktu.

“Saya berharap kegiatan ini tidak hanya bermanfaat sebagai pagelaran seni saja, akan tetapi menjadi salah satu cara untuk menumbuhkan kecintaan dan motivasi dalam diri masyarakat dan generasi muda pada kesenian dan budaya daerah,” tukasnya.

About noprandaa

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish