Bupati Bangka Launching Pembayaran Non Tunai di Pasar Sungailiat

PANGKALPINANG, LASPELA – Bupati Bangka, Tarmizi Saat Lauching secara resmi Pembayaran Non Tunai BSB Cash di Taman Kota Sungailiat, Rabu (4/7/2018).

“Dengan adanya Pembayaran Non Tunai BSB Cash diharapkan para pedagang pasar Sungailiat yang memiliki kios dalam pembayaran restribusi dapat memanfaatnya dengan baik sehingga mempermudah para pedagang dalam melakukan transaksi,” ujarnya.

Tarmizi mengatakan, dengan pembayaran sistim non tunai akan lebih efisien dalam melakukan transaksi guna mengurangi terjadinya kebocoran serta dapat lebih menguntung bila dibandingkan dengan melakukan pembayaran secara tunai.

“Sistim pembayaran non tunai ini akan dapat memberikan kemudahan kepada para pedagang agar dalam melakukan transaksi dapat lebih mudah guna mengurangi terjadinya kebocoran dan akan lebih efisien,” jelasnya.

Lebih lanjut, Tarmizi meminta dan mengajak para pedagang dapat menjaga lingkungan pasar agar tetap bersih dan indah diantaranya dengan menempatkan pot – pot bunga di depan kios seperti yang pernah dilakukan para pedagang pasar Sungailiat, ketika pada masa Bupati Bangka Bustan Halik.

“Saya jua meminta kepada OPD terkait untuk menyiagakan petugas kebersihan di taman kota Sungailiat yang selalu siaga membersihkan lingkungan taman terbuka hijau di eks Terminas Bus sungailiat tersebut, serta di lingkungan taman Kota juga dipasang lampu sorot guna meningkatkan penerangan pada malam hari,” pintanya.

Ia mengatakan sementara itu BSB Cash merupakan transaksi non tunai yang diatur dalam Surat Edaran Mendagri Nomor 910 tahun 2017, tanggal 17 April 2017.

“Pembayaran non tunai ini untuk pedagang yang memiliki kios di pasar Sungailiat yang diberikan kartu, jadi dalam membayar restribusi cukup menempelkan kartunya di peralaan yang sudah kami siapkan,” kata Sadikin Kepala Bank Sumsel Babel Cabang Sungailiat,” ungkapnya.

Dijelaskannya, BSB Cash dengan menggunakan sistem pulsa, dengan maksimal isi kartu Rp 1 juta, bisa pula Rp 100 ribu dengan cara menggesek maka akan terpotong isi yang ada di dalam kartu sesuai jumlah restribusi yang akan dibayar.

“Bila isi kartu sudah habis, maka para pemegang kartu dapat membeli kembali atau melakukan isi ulang,” tuturnya.

Usai launching BSB Cash Bupati Bangka menyaksikan penggunaan BSB Cash yang dilakukan pedagang pasar Sungailiat dengan dipandu petugas dari Bank Sumsesl Babel Cabang Sungailiat.

Hadir dalam Launching BSB Cash tersebut Bupati Bangka, Tarmizi Saat, Kepala OPD dilingkungan Pemkab Bangka, serta para pedagang. (Rill /Wa).