Home / BANGKA BELITUNG / Pasca Lebaran, Sejumlah PNS di Basel Bolos Masuk Kerja di Hari Pertama

Pasca Lebaran, Sejumlah PNS di Basel Bolos Masuk Kerja di Hari Pertama

Oleh : Nopranda Putra

TOBOALI, LASPELA – Sebanyak 6 Aparatur Sipil Negara (ASN) bolos masuk kerja saat hari pertama masuk kerja. Walaupun pasca libur cuti bersama hari raya Idul Fitri 1439 Hijriah telah usai, sebagian Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bertugas di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Bangka Selatan tidak masuk kerja tanpa keterangan alias bolos.

Hal ini terungkap saat adanya Inspeksi mendadak (Sidak) ke RSUD Basel pada Kamis (21/6) pagi. Sidak dibagi menjadi tiga tim yang masing-masing dipimpin oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra, Asri Husman, Asisten Ekbang, Herman dan Asisten Administrasi Umum, Eriyanto didampingi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) dan Inspektorat Daerah Basel.

Ketidakhadiran beberapa pegawai di RSUD Basel pada hari pertama masuk kerja dibenarkan oleh direktur Rumah Sakit Umum Basel, Zulkifli.

“Ada 6 orang pegawai dari 80 pegawai di Rumah Sakit yang tidak masuk kerja di hari pertama, mereka yang tidak masuk kerja itu bertugas dibagian manajemen,” jelas Zulkifli.

Dan ia pun mengakui pegawainya yang tidak masuk kerja tanpa ada keterangan baik lisan maupun tulisan. Padahal sebelumnya telah diingatkan dan ditegaskan untuk tidak memperpanjang waktu libur pasca lebaran idul fitri.

“Sanksi, tentunya ada bagi yang tidak masuk kerja di hari pertama. Sanksi tetap ada karena kasian juga dengan pegawai lainnya yang benar-benar mengikuti aturan, sedangkan ini tanpa keterangan sudah kita telpon nggak diangkat dan telponnya rata-rata nggak aktif. Tapi, mudah-mudahan nggak terjadi hal yang tidak diinginkan dalam hal sakit ataupun ada keluarga dalam masalah musibah,” kata Zulkifli.

Menurutnya, ketidakhadiran 6 orang pegawainya tersebut tidak begitu berpengaruh terhadap pelayanan. Sebab, masyarakat yang datang juga terlihat masih relatif sepi.

“Dampak kalau sejauh ini di hari pertama masuk kerja belum seberapa kelihatan karena masyarakat yang berobat juga relatif masih sepi, nggak terlalu ramai dan juga kawan-kawan lain bisa membackup kerjanya mereka yang tidak masuk,” ujar Zulkifli.

Ia juga memastikan seluruh dokter spesialis tampak hadir semua pada hari pertama masuk kerja kecuali dokter obgyn (kandungan_red) yang minta izin baru bisa hadir pukul 13.00 Wib, karena terkendala pesawat dari Medan.

Sidak juga tidak hanya dilakukan di lingkungan RSUD Basel, tetapi di lakukam disejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemkab Bangka Selatan seperti kantor Kelurahan, kantor Kecamatan, Puskesmas.

Sementara di kantor Kelurahan Tanjung Ketapang terdapat 1 orang pegawai bagian pelayanan pemerintahan yang bolos di hari pertama.

“Ada 1 orang pegawai kita yang tidak masuk kerja tanpa keterangan,” ujar Lurah Tanjung Ketapang, Fandi.

Senada juga diutarakan Camat Toboali, Jusvinar mengakui bahwa seluruh pegawai di kantor Kecamatan baik status PNS maupun honorer semuanya hadir dan masuk kerja di hari pertama.

Pelayanan di Puskesmas Toboali, kantor Lurah Tanjung Ketapang, kantor Kecamatan Toboali dan Rumah Sakit Umum pada hari pertama masuk kerja terlihat masih agak sepi dibandingkan hari biasanya.


Kirim dari Fast Notepad

About noprandaa

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish