Home / BANGKA BELITUNG / Aktivitas Pelabuhan Sungaiselan Meningkat Menjelang Lebaran

Aktivitas Pelabuhan Sungaiselan Meningkat Menjelang Lebaran

Oleh :Herdian Farid Effendi

SUNGAISELAN, LASPELA – Aktivitas pelabuhan Sungaiselan menjelang lebaran meningkat. Ditemui disela-sela kesibukannya Kapolsek Sungaiselan Iptu Mulya Sugiharto mengatakan saat ini kondisi bongkar muat dipelabuhan terlihat aman dan lancar.

“H-2 menjelang lebaran merupakan puncak dari aktivitas bongkar muat barang dan penyebarangan penumpang di pelabuhan Sungaiselan Kecamatan Sungaiselan Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) dalam kondisi aman lancar,”ujar Mulya sembari memeriksa barang bawaan penumpang, Kamis(14/6/2018).

Mulya melanjutkan kapal yang digunakan untuk menyebrangkan penumpang menggunakan speed dan bagi penumpang yang membawa kendaraan roda dua harus ada surat jalan dari pihak terkait dalam hal ini pihak kepolisian.

“Untuk menghindari pencurian kendaraan roda dua, kami mewajibkan kepada penumpang yang ingin membawa kendaraannya untuk melapor dan membuat surat jalan dan juga setiap penumpang yang akan berangkat diperiksa barang bawaannya,”ungkapnya.

Sementara Wakil Danpos AL, Solihin mengatakan setiap hari ada sebanyak 200 orang menyebrang menggunakan speed menuju ke Jalur Palembang.

“Sebanyak 200 orang menyebrang menggunakan speed menuju Jalur Palembang dan diperkirakan hari ini (red Kamis) merupakan puncaknya arus mudik disini,”tukasnya

Ia menambahkan ada sebanyak 10 speed yang disiapkan untuk membawa para penumpang yang ingin mudik ke Jalur Palembang yang masing-masing speed maksimal muatan 20 orang.

Salah satu penumpang yang ingin menyebrang ke Jalur 27 Kecamatan Kerta Mukti Palembang, Arifin (36) mengatakan lebih cepat jarak tempuhnya dari pelabuhan Sungaiselan ketimbang dari Tanjung Kalian Mentok

“Sudah 9 tahun saya tidak mudik bersama keluarga untuk bertemu mertua di Jalur 27 dan Alhamdulillah tahun ini diberi kesempatan untuk bisa berlebaran disana,”ujar Arifin yang berasal dari Jebus Kabupaten Babar.(hfe)

About Isromi LASPELA

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish